Hal ini membuktikan komitmen tim mahasiswa dalam membawa semangat inovasi dan penguasaan teknologi di bidang otomotif
Depok (ANTARA) - Tim mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) Racing Team kembali menorehkan prestasi gemilang pada ajang bergengsi Formula Student Czech Republic (FS Czech) 2024, dengan berhasil meraih posisi ketiga.

Dekan FTUI Prof Dr Ir Heri Hermansyah di Kampus UI Depok Selasa mengatakan, mereka berada di posisi ketiga dalam Business Plan Presentation, posisi enam dalam Cost and Manufacturing Event, nomor 11 dalam Autocross, ke-13 dalam Engineering Design Event, dan di posisi yang sama secara keseluruhan (overall).

 Heri Hermansyah menyampaikan apresiasi atas pencapaian tersebut. Menurutnya, prestasi UI Racing Team mengalami peningkatan di Formula Student Czech Republic 2024 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Hal ini membuktikan komitmen tim mahasiswa dalam membawa semangat inovasi dan penguasaan teknologi di bidang otomotif, khususnya di dunia balap. Tim ini tidak hanya mengharumkan nama Universitas Indonesia di kancah global, tetapi juga menunjukkan kemampuan mahasiswa FTUI dalam mengaplikasikan teori keteknikan yang telah dipelajari,” ujar Prof Heri.

Keberhasilan ini, katanya, tidak terlepas dari bimbingan dosen dari Departemen Teknik Mesin FTUI Dr Ing Mohammad Adhitya ST M Sc, serta riset teknologi yang mereka lakukan untuk merancang mobil balap terbaru, UIRT-02.

Mobil ini hadir dengan berbagai pembaruan, seperti bodi berbahan kombinasi Fiberglass dan Carbon Fiber yang lebih aerodinamis, sasis baja karbon baru yang lebih ringan, serta sistem suspensi yang lebih andal dalam bermanuver.

Akmal Zaki, non-technical director UI Racing Team 2024 mengatakan, dirinya sangat bangga dapat menjadi bagian dari UI Racing Team. Sebagai tim pendatang baru di kompetisi ini, UI Racing Team berhasil menunjukan hasil yang sangat membanggakan dengan peningkatan prestasi dari tahun ke tahun.

Menjadi satu-satunya tim dari luar Eropa di FS Czech 2024 menunjukkan betapa besarnya komitmen timnya untuk selalu memberikan usaha maksimal dalam kompetisi ini.

"Saya berharap UI Racing Team dapat terus membawa inovasi-inovasi terbaiknya agar dapat memberi prestasi yang lebih maksimal dan terus membanggakan Indonesia, terlebih Universitas Indonesia di panggung internasional," katanya.

UI Racing Team yang terdiri atas 21 mahasiswa dari berbagai departemen di FTUI, seperti Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Industri, sukses berkolaborasi untuk merancang dan memproduksi mobil balap ini.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024