Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Jan Prince Permata mengatakan diperlukan generasi muda yang terampil, andal, dan tangguh untuk menyambut Indonesia Emas 2045.

“Keterampilan, pengetahuan, dan jejaring menjadi kekuatan yang harus dimiliki anak-anak muda dalam berkompetisi di era saat ini,” ujar Jan Prince dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: MPR: Pengamalan Pancasila oleh pemuda penting untuk Indonesia Emas

Ia mengemukakan hal tersebut saat menyemangati dan memotivasi puluhan anak muda peserta pelatihan berbasis kompetensi di Balai Latihan Kerja, Kabupaten Manggarai Barat di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Senin (30/9).

Menurut dia, pelatihan tersebut dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan lewat trainer (pelatih) yang andal.

“Pelatihan ini juga menjadi ruang membuka jejaring luas ke dunia kerja,” kata Jan.

Di Balai Latihan Kerja Kabupaten Manggarai Barat, puluhan anak muda mendapat Pelatihan Fotografer Junior selama 35 hari oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM, Kabupaten Manggarai Barat.

Para peserta pelatihan, selain dibekali keterampilan oleh trainer, juga dihubungkan dengan pelaku pariwisata yang memerlukan jasa fotografi.

Jan menjelaskan pentingnya kemampuan dan keterampilan fotografi untuk wilayah dan destinasi wisata dunia seperti Pulau Komodo dan Labuan Bajo.

“Di masa-masa yang akan datang, kebutuhan akan fotografi dan talenta-talenta fotografi sangat diperlukan Labuan Bajo. Pelatihan-pelatihan seperti ini harus terus ditingkatkan,” kata Jan.

Jan juga menambahkan perlunya peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi generasi muda yang tangguh, juga andal untuk menyambut Indonesia Emas 2045.

“Para peserta pelatihan yang rata-rata berusia 20 tahun akan menjadi kekuatan dalam menyambut Indonesia Emas di wilayah Manggarai Barat dan Labuan Bajo,” kata Jan.

Baca juga: Menko Polhukam ajak mahasiswa atasi tiga ancaman Indonesia Emas 2045

Oleh karena itu, dia mengingatkan agar para peserta benar-benar menyiapkan diri dengan baik menyongsong peluang dan kesempatan di masa depan.

“Kreatifitas, inovasi, dan daya juang harus dimiliki pemuda,” ujarnya.

Jan juga sempat membagikan pengetahuan dan keterampilan dasar jurnalistik kepada para peserta pelatihan.

Diskusi dan pelatihan dipandu oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM, Kabupaten Manggarai Barat Theresia Primadona Asmon.

Menurut Theresia, pelatihan berbasis kompetensi rutin mereka gelar dengan dukungan Kementerian Tenaga Kerja dengan berbagai pilihan keterampilan.

Selain fotografi, pelatihan juga diberikan untuk tata boga, menjahit, hospitality, informatika dan teknologi, tour guide, barista, pelatihan service AC, dan pelatihan otomotif.

“Peserta kami seleksi dan kami arahkan agar mereka semakin terampil sejak ada di Balai Latihan,” kata Theresia.

Baca juga: OIC Youth Indonesia dorong generasi muda wujudkan Indonesia Emas 2045
Baca juga: Menko Polhukam: Merawat persatuan kunci keberhasilan Indonesia Emas
Baca juga: Kemenag keluarkan keputusan untuk jadikan anak didik generasi emas

 

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024