Beijing (ANTARA) - China Daratan mencatat sekitar 95 juta kedatangan wisatawan inbound (kunjungan dari luar negeri atau luar wilayah tertentu) dalam sembilan bulan pertama tahun ini, menandai peningkatan sebesar 55,4 persen secara tahunan, seperti diungkapkan seorang pejabat dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China pada Senin (30/9).

Angka tersebut setara dengan 93,4 persen dari jumlah kedatangan wisatawan inbound untuk periode yang sama pada 2019, ujar Zhang Zheng, Wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata China dalam sebuah konferensi pers.

Zhang mengatakan bahwa kementeriannya telah bekerja sama dengan otoritas terkait untuk mengoptimalkan kebijakan visa dan bea cukai, mempercepat pemulihan penerbangan internasional, meningkatkan fasilitasi pembayaran, serta meningkatkan kualitas layanan secara keseluruhan bagi wisatawan inbound.

Untuk memfasilitasi pembayaran bagi wisatawan inbound, pemerintah China telah memerintahkan agar tempat-tempat wisata utama menerima berbagai metode pembayaran, termasuk kartu bank asing, kode QR, dan uang tunai, menurut Miao Muyang, seorang pejabat yang bertanggung jawab atas pengembangan budaya dan pariwisata di kementerian tersebut.

Diperkirakan bahwa dari Januari hingga September tahun ini, para pengunjung domestik melakukan 4,29 miliar perjalanan dan menghabiskan 4,32 triliun yuan (1 yuan = Rp2.157) untuk pariwisata. Angka tersebut masing-masing naik 16,8 persen dan 17,1 persen dibandingkan periode yang sama pada 2023, menurut kementerian itu. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2024