Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan ANTARA, berikut kami rangkum berita politik terpopuler kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengawali pagi Anda.

Cak Imin tinggalkan "Senayan" setelah 20 tahun jadi legislator

Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar atau yang kerap disapa Cak Imin pada akhirnya harus meninggalkan "Senayan" atau Gedung DPR setelah 20 tahun menjadi legislator.

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin, politisi senior itu sudah mengemasi barang-barangnya yang ada di kantornya, lantai 4, Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin sore.

"Spesial hari ini, saya mengakhiri pengabdian 20 tahun di DPR RI," kata Muhaimin.

Menurut dia, pengabdian selama 20 tahun menjadi legislator sudah cukup berkontribusi untuk bangsa dan negara.

Selengkapnya klik di sini.

Puan: DPR telah beri ruang akomodasi program pemerintahan mendatang

Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan bahwa DPR RI periode 2019—2024 telah memberi ruang untuk mengakomodasi kebijakan dan program pemerintahan mendatang sesuai dengan visi dan misi yang dicanangkan

Puan mengatakan bahwa DPR RI masa jabatan 2019—2024 telah menyelesaikan fungsi anggarannya di tengah masa transisi pemerintahan saat ini menuju ke pemerintahan selanjutnya.

"DPR RI juga memberikan ruang kepada pemerintahan yang akan datang untuk bisa kemudian nantinya membuat kebijakan dan program pemerintahan yang akan datang lebih sesuai dengan visi dan misi pemerintahan yang akan datang untuk membangun Indonesia yang akan datang," kata Puan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

Dewan Pers larang PWI gunakan kantor hingga gelar UKW

Dewan Pers memutuskan untuk melarang Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggunakan kantor yang berada di Gedung Dewan Pers hingga tidak diizinkan menggelar uji kompetensi wartawan (UKW).

Keputusan Pleno Dewan Pers Nomor 1103/DP/K/IX/2024 tersebut dikeluarkan menyikapi dualisme kepengurusan PWI yang belum menemukan titik terang, yakni antara kepemimpinan Hendri CH Bangun dan Zulmansyah Sekedang.

"Penggunaan Kantor PWI Gedung Dewan Pers, Lantai 4, Jalan Kebon Sirih, Nomor 32–34, Jakarta mulai 1 Oktober 2024 tidak dapat digunakan oleh kedua pihak sampai batas waktu yang akan ditetapkan kemudian," bunyi surat keputusan yang ditandatangani Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, sebagaimana diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

KPU: Fasilitas hotel bintang 5 untuk caleg terpilih adalah tradisi

Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos menjelaskan bahwa pemberian fasilitas hotel bintang lima untuk calon anggota legislatif (caleg) terpilih periode 2024—2029 adalah tradisi 5 tahunan yang biasa dilakukan.

"Ini bukan pertama kali digelar. Setiap 5 tahun sekali sebelum calon anggota DPR dan DPD RI terpilih dilantik, KPU menggelar acara serupa," kata Betty saat dihubungi dari Jakarta, Senin.

Menurut dia, agenda pelantikan calon anggota DPR dan DPD terpilih masih merupakan bagian, tahapan, dan program pemilu dari KPU RI.

Selengkapnya klik di sini.

TNI siapkan 1.000 lebih alutsista untuk berparade saat HUT di Monas

Markas Besar TNI menyiapkan 1.000 lebih alat utama sistem senjata (alutsista) dari tiga matra untuk berparade saat upacara peringatan HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, pada 5 Oktober 2024.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto saat dihubungi di Jakarta, Senin, menjelaskan per hari ini sampai Rabu (2/10) seluruh prajurit peserta upacara termasuk alutsista yang dikerahkan menjalani rangkaian geladi kotor di Lapangan Silang Monas.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024