Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter mengoperasikan layanan perjalanan kereta api lokal atau Commuter Line di wilayah 8 Surabaya dan sekitarnya.

Tersedia 8 Commuter Line, yakni Commuter Line Dhoho, Commuter Line Penataran, Commuter Line Tumapel, Commuter Line Blorasura, Commuter Line Arjonegoro, Commuter Line Jenggala, Commuter Line Supas, dan Commuter Line Sindro.

Commuter Line tersebut menyediakan relasi perjalanan untuk tujuan Surabaya, Malang, Blitar, Kertosono, Cepu, Sidoarjo dan sekitarnya. Selain bebas macet, tarif commuter line juga lebih ekonomis.

Bagi Anda yang berencana ingin berpergian di wilayah Surabaya dan sekitarnya, commuter line bisa menjadi salah pilihannya. Berikut daftar tarif rute perjalanan commuter line di wilayah Surabaya dan sekitarnya:

1. Commuter Line Dhoho

Commuter line ini menyediakan relasi perjalanan rute Stasiun Surabaya Kota - menuju Stasiun Blitar melewati jalur Kertosono hingga Tulungagung dan sebaliknya.

Dalam perjalanannya, commuter line ini melewati stasiun secara berurutan yakni dimulai dari Stasiun Surabaya Kota, Surabaya Gubeng, Wonokromo, Sepanjang, Krian, Tarik, Mojokerto, Curahmalang, Sumobito, Peterongan, Jombang, Sembung, Kertosono, Purwosari, Papar, Kediri, Ngadiluwih, Kras, Ngunjang, Tulungagung, Sumbergempol, Ngunut, Rejotangan, dan Blitar, berikut tarif Commuter Line Dhoho per orang sekali jalan:

Tarif Commuter Line Dhoho Ekonomi

Rute Stasiun Surabaya Kota - Stasiun Surabaya Gubeng Rp10.000
Rute Stasiun Surabaya Kota - Stasiun Mojokerto Rp10.000
Rute Stasiun Surabaya Kota - Stasiun Kertosono Rp12.000
Rute Stasiun Surabaya Kota - Stasiun Tulungangung Rp15.000
Rute Stasiun Surabaya Kota - Stasiun Blitar Rp15.000.

2. Commuter Line Penataran

Commuter line ini menyediakan relasi perjalanan rute Stasiun Surabaya Kota - menuju Stasiun Blitar melewati jalur Sidoarjo hingga Malang dan sebaliknya.

Dalam perjalanannya, commuter line ini melewati stasiun secara berurutan yakni dimulai dari Stasiun Surabaya Kota, Surabaya Gubeng, Wonokromo, Waru, Gedangan, Sidoarjo, Tangulangin, Porong, Bangil, Lawang, Singosari, Blimbing, Malang, Malangkotalama, Pakisaji, Kepanjen, Ngebruk, Sumberpucung, Pogajih, Kesamben, Wlingi, Talun, Garum, dan Blitar, berikut tarif commuter line Penataran per orang sekali jalan:

Tarif Commuter Line Penataran Ekonomi

Rute Stasiun Surabaya Kota - Stasiun Surabaya Gubeng Rp10.000
Rute Stasiun Surabaya Kota - Stasiun Sidoarjo Rp10.000
Rute Stasiun Surabaya Kota - Stasiun Malang Rp12.000
Rute Stasiun Surabaya Kota - Stasiun Blitar Rp15.000.

3. Commuter Line Tumapel

Commuter line ini menyediakan relasi perjalanan rute Stasiun Surabaya Kota - menuju Stasiun Malang dan sebaliknya. Dalam perjalanannya, commuter line ini melewati stasiun secara berurutan yakni dimulai dari Stasiun Surabaya Kota, Surabaya Gubeng, Wonokromo, Waru, Gedangan, Sidoarjo, Tangulangin, Porong, Bangil, Lawang, Singosari, Blimbing, dan Malang.

Tarif perjalanan Commuter Line Tumapel Ekonomi ditetapkan dengan harga yang sama, baik jarak tempuh dekat maupun jauh, yakni dengan tarif Rp10.000 per orang untuk sekali jalan.

4. Commuter Line Blorasura

Commuter line ini menyediakan relasi perjalanan rute Surabaya Pasarturi - menuju Stasiun Cepu, Blora dan sebaliknya. Dalam perjalanannya, commuter line ini melewati stasiun secara berurutan yakni dimulai dari Stasiun Surabaya Pasarturi, Tandes, Kandangan, Benowo, Cerme, Duduk, Lamongan, Pucuk, Babat, Bowerno, Sumberejo, Kapas, Bojonegoro, dan Stasiun Cepu.

Tarif perjalanan Commuter Line Blora Ekonomi ditetapkan dengan harga yang sama, baik jarak tempuh dekat maupun jauh, yakni dengan tarif Rp13.000 per orang untuk sekali jalan.

5. Commuter Line Arjonegoro

Commuter line ini menyediakan relasi perjalanan rute Stasiun Sidoarjo - menuju Stasiun Bojonegoro dan sebaliknya. Dalam perjalanannya, commuter line ini melewati stasiun secara berurutan yakni dimulai dari Stasiun Sidoarjo, Gedangan, Waru, Wonokromo, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Tandes, Kandangan, Benowo, Cerme, Duduk, Lamongan, Pucuk, Babat, Bowerno, Sumberejo, Kapas, dan Bojonegoro.

Tarif perjalanan Commuter Line Arjonegoro Ekonomi untuk rute terdekat yakni Rp4.000 hingga Rp12.000 untuk rute jauh di stasiun tiba. Adapun harga untuk per orang dan sekali jalan.

6. Commuter Line Jenggala

Commuter line ini menyediakan relasi perjalanan rute Stasiun Surabaya Kota - Stasiun Mojokerto - Stasiun Sidoarjo dan sebaliknya. Dalam perjalanannya, commuter line ini melewati stasiun secara berurutan yakni dimulai dari Stasiun Surabaya Kota, Surabaya Gubeng, Wonokromo, Sepanjang, Krian, Tarik, Mojokerjo, Tulangan, dan Stasiun Sidoarjo.

Adapun tarif perjalanan Commuter Line Jenggala Ekonomi, per orang sekali jalan sebagai berikut:
Rute perjalanan Stasiun Surabaya Kota-Mojokerto Rp5.000 per orang
Rute perjalanan Stasiun Mojokerto-Sidoarjo Rp4.000 per orang

7. Commuter Line Supas

Commuter line ini menyediakan relasi perjalanan rute Stasiun Surabaya Kota - menuju Stasiun Pasuruan dan sebaliknya. Dalam perjalanannya, commuter line ini melewati stasiun secara berurutan yakni dimulai dari Stasiun Surabaya Kota, Surabaya Gubeng, Wonokromo, Waru, Gedangan, Sidoarjo, Tanggulangin, Porong, Bangil, dan Pasuruan.

Tarif perjalanan Commuter Line Supas Ekonomi ditetapkan dengan harga yang sama, baik jarak tempuh dekat maupun jauh, yakni dengan tarif Rp6.000 per orang untuk sekali jalan.

8. Commuter Line Sindro

Commuter line ini menyediakan relasi perjalanan rute Stasiun Sidoarjo - Stasiun Surabaya Pasarturi - Stasiun Indro, Gresik. Dalam perjalanannya, commuter line ini melewati stasiun secara berurutan yakni dimulai dari Stasiun Sidoarjo, Gedangan, Waru, Wonokromo, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Tandes, Kandangan, dan Stasiun Indro.

Tarif perjalanan Commuter Line Sindro Ekonomi ditetapkan dengan harga yang sama, baik jarak tempuh dekat maupun jauh, yakni dengan tarif Rp5.000 per orang untuk sekali jalan.

Untuk memantau jadwal keberangkatan dan pembelian tiket Commuter Line, bisa menggunakan aplikasi Access by KAI melalui menu Lokal, kemudian masukan Stasiun keberangkatan dan tujuan.

Baca juga: Jadwal commuter line Bandung dan sekitarnya 

Baca juga: Jadwal dan tarif commuter line Merak 2024

Baca juga: Rute commuter line wilayah 8 Surabaya dan sekitarnya

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024