Beijing (ANTARA) - Sebagian besar daerah di China diperkirakan akan menikmati cuaca cerah saat liburan Hari Nasional China mendatang, yang berlangsung selama sepekan dan dimulai pada 1 Oktober, menurut prakiraan cuaca.

Terlepas dari kondisi hujan dan bersalju di Dataran Tinggi Qinghai-Xizang bagian timur dan Provinsi Yunnan bagian barat, sebagian besar daerah akan mengalami cuaca cerah selama liburan itu, kata Wakil Kepala Pusat Iklim Nasional China Jia Xiaolong dalam konferensi pers pada Minggu (29/9).

Pejabat itu mengungkapkan bahwa akibat dampak Topan Krathon, kawasan pesisir di Provinsi Fujian dan Provinsi Zhejiang di China timur diperkirakan akan mengalami hujan lebat dan badai hujan, sementara Pulau Taiwan di China juga bersiap menghadapi badai hujan lebat.

Jia mengatakan bahwa front dingin (cold front) yang sering terjadi dalam tiga hari pertama liburan tersebut akan menurunkan suhu di beberapa lokasi, dengan sejumlah daerah di China barat laut, utara, dan timur laut diperkirakan akan turun hingga nol derajat Celsius atau lebih rendah.

Front dingin juga diperkirakan akan melanda China utara sekitar 6 Oktober. Para wisatawan diimbau untuk selalu mengikuti perkembangan prakiraan dan peringatan cuaca serta menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat saat merencanakan perjalanan mereka.

Liburan tahunan Hari Nasional China biasanya diwarnai dengan kumpul keluarga secara besar-besaran dan lonjakan perjalanan. Tahun ini, sektor transportasi negara itu diperkirakan akan menangani lebih dari 1,9 miliar perjalanan penumpang di seluruh China selama liburan tersebut, menurut Wakil Menteri Transportasi China Li Yang. 

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024