Jakarta (ANTARA) - Jan Ethes Srinarendra adalah cucu pertama dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Lahir pada tanggal 10 Maret 2016, Jan Ethes merupakan anak pertama dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.

Nama Jan Ethes sendiri memiliki arti yang dalam dan penuh makna. Kata "Jan" memiliki arti "pemimpin yang cerdas", sementara "Ethes" berarti "rajin dan cekatan".

Nama "Srinarendra" diambil dari bahasa Sanskerta yang bermakna "pemimpin yang bercahaya". Dari namanya, ada harapan besar agar Jan Ethes kelak menjadi sosok yang memiliki kepemimpinan yang cerdas dan bijaksana.

Sebagai cucu pertama Presiden Jokowi, Jan Ethes sering kali menjadi sorotan publik. Sebagai anak ecil yang memiliki tingkah laku polos membuat banyak orang terpikat. Ia sering terlihat mendampingi kakeknya, baik dalam kegiatan formal maupun informal.

Bahkan, banyak momen di mana kehadirannya di berbagai acara resmi negara membuat suasana menjadi lebih hangat dan akrab.

Kehidupan pribadi dan perhatian publik

Jan Ethes yang tumbuh dalam keluarga presiden memiliki hobi basket dan taekwondo. Ia pernah meraih medali emas dalam kejuaraan taekwondo yang digelar di Sekolah Taekwondo Sanggar Buana ( SKB) Solo.

Ayahnya, Gibran Rakabuming Raka, adalah mantan Wali Kota Surakarta yang sekarang berstatus sebagai Wakil Presiden terpilih. Ibunya, Selvi Ananda, merupakan mantan Putri Solo yang juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Kehidupan mereka sering menjadi sorotan media, terutama karena Gibran dan Selvi cenderung menjaga privasi keluarga mereka.

Meskipun berasal dari keluarga yang terkenal, Jan Ethes tetap menjalani kehidupan seperti anak-anak pada umumnya. Ia bersekolah di Focus Independent School Solo dan sering terlihat bermain dengan teman-temannya.

Popularitas di media sosial

Sejak kecil, Jan Ethes telah menjadi sosok populer di media sosial. Berbagai momen bersama kakeknya, Presiden Jokowi, sering diabadikan dan dibagikan oleh para penggemar di berbagai platform.

Salah satu momen yang paling diingat publik adalah ketika Jan Ethes menemani Presiden Jokowi dalam beberapa acara resmi, seperti perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka. Kepolosannya di tengah suasana formal berhasil mencuri perhatian banyak orang.

Tidak hanya itu, kebersamaan Jan Ethes dengan anggota keluarganya, termasuk adik perempuannya La Lembah Manah, juga sering menjadi perbincangan.

Ia selalu tampak menjaga dan bermain dengan adiknya, sehingga menampilkan sisi kekeluargaan yang erat dan hangat.

Sebagai cucu seorang presiden dan anak dari Wakil Presiden terpilih, banyak yang berharap bahwa Jan Ethes dapat tumbuh menjadi individu yang berkarakter kuat, cerdas, dan berbudi luhur.

Meski saat ini masih sangat belia, sorotan terhadapnya tidak bisa dihindari. Namun, keluarga Ethes, terutama ayah dan ibunya, tampaknya memiliki komitmen untuk membesarkan Jan Ethes dengan penuh kasih sayang tanpa tekanan yang berlebihan.

Masa depan Jan Ethes masih panjang dan waktu akan membuktikan apakah ia akan mengikuti jejak keluarga dalam dunia politik atau memilih jalan yang berbeda.


Baca juga: Gibran-Jan Ethes berbusana adat Papua saat tiba di Istana Merdeka

Baca juga: Presiden Jokowi temani Jan Ethes-La Lembah bermain di playground

Baca juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana ajak Jan Ethes bersepeda Minggu pagi

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024