“Penghargaan Anugerah Layanan Investasi ini merupakan agenda rutin dari Kementerian Investasi/BKPM yang memberikan penilaian baik di tingkat kementerian/lembaga, provinsi, kabupaten, kota maupun penghargaan khusus untuk daerah di kawasan timur Indone
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI menyabet gelar terbaik pertama dalam acara penghargaan Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2024 yang diberikan oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Jakarta, Senin.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Karo Humas) Sekretariat Jenderal Kemenhan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Senin, menjelaskan penghargaan itu diberikan oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan P. Roeslani kepada Plt. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenhan RI Donny Ermawan Taufanto yang hadir mewakili Menhan RI Prabowo Subianto.

“Penghargaan Anugerah Layanan Investasi ini merupakan agenda rutin dari Kementerian Investasi/BKPM yang memberikan penilaian baik di tingkat kementerian/lembaga, provinsi, kabupaten, kota maupun penghargaan khusus untuk daerah di kawasan timur Indonesia,” kata Karo Humas Setjen Kemenhan RI.

Dalam siaran resmi Kemenhan RI, Menteri Investasi Rosan Roeslani menjelaskan pemberian penghargaan itu diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2020. Sejak 2021, penghargaan itu diyakini ikut membantu meningkatkan layanan investasi yang cukup signifikan.

“Tentunya saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh kementerian, lembaga, dan juga pimpinan kepala daerah, provinsi, kabupaten, kota yang telah bekerja sama, bersinergi dan berkolaborasi bersama-sama dengan Kementerian Investasi dalam rangka kita meningkatkan pelayanan, perbaikan iklim industri, iklim investasi, dan juga meningkatkan daya saing,” kata Rosan.

Dalam acara penyerahan penghargaan itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menempati urutan kedua, sementara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menempati urutan ketiga.

Dalam periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo, Kementerian Pertahanan yang dipimpin Menhan Prabowo Subianto gencar berinvestasi di sejumlah industri pertahanan dalam negeri terutama dalam modernisasi dan pengadaan alutsista. Beberapa proyek investasi itu di antaranya mencakup modernisasi 41 kapal perang Republik Indonesia (KRI) oleh galangan kapal dalam negeri, yang dipimpin oleh PT PAL Indonesia, pengadaan alutsista-alutsista baru misalnya medium tank Harimau oleh PT Pindad bekerja sama dengan FNSS Turki, pengadaan dan modernisasi pesawat yang diberikan ke PT Dirgantara Indonesia, kemudian pengadaan radar dan motor trail listrik yang dikerjakan oleh PT Len Industri.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024