Istanbul (ANTARA) - Ukraina pada Senin pagi mengklaim bahwa mereka telah menjatuhkan 67 pesawat tanpa awak Rusia di 11 wilayah negara itu, termasuk di Ibu Kota Kiev.

Pernyataan dari Angkatan Udara Ukraina mengklaim bahwa total 73 drone, serta tiga jenis rudal, termasuk rudal balistik Iskander, diluncurkan oleh Rusia ke negara itu pada malam hari.

Pernyataan itu menyebutkan bahwa 67 dari drone tersebut dan sebuah rudal jelajah ditembak jatuh di wilayah Kiev, Cherkasy, Vinnytsia, Kirovohrad, Zhytomyr, Poltava, Chernihiv, Sumy, Kharkiv, Dnipropetrovsk, dan Mykolaiv.

Kepala Administrasi Militer Kota Kiev Serhiy Popko mengatakan di Telegram bahwa peringatan serangan udara di ibu kota berlangsung selama lebih dari lima jam, dan semua drone di atas kota itu ditembak jatuh.

Wali Kota Kiev Vitali Klitschko mengatakan bahwa reruntuhan drone Rusia yang ditembak jatuh ditemukan di dekat sebuah bangunan perumahan di Distrik Obolonskyi ibu kota itu.

Gubernur regional daerah pusat kota Kiev Ruslan Kravchenko mengatakan bahwa puing-puing dari drone yang ditembak itu jatuh di enam distrik berbeda di wilayah tersebut, dan kebakaran terjadi di sebuah rumah pribadi di salah satu wilayah tersebut.

Sementara itu, kebakaran juga terjadi di sebuah fasilitas infrastruktur penting di Distrik Bashtanskyi wilayah Mykolaiv, kata Gubernur Vitaliy Kim di Telegram.

Pihak berwenang Ukraina tidak melaporkan adanya korban jiwa akibat serangan itu, sementara otoritas Rusia belum memberikan komentar atas klaim Ukraina tersebut.

Sumber: Anadolu-OANA
Baca juga: Pasukan Rusia cegat dan hancurkan 144 drone Ukraina di wilayah Rusia
Baca juga: IAEA pastikan PLTN Zaporizhzhia aman setelah serangan drone
Baca juga: Drone Ukraina gempur Voronezh, situasi darurat diberlakukan

Penerjemah: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024