Sejak awal kami sudah melakukan sosialisasi terhadap 26 sekolah baik swasta dan negeri, termasuk aktif bersama Dukcapil melakukan perekaman KTP terhadap masyarakat dan pelajar yang pada November 2024 berusia 17 tahun
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Utara giat menyosialisasikan pelajar di wilayahnya yang sudah memenuhi syarat menjadi pemilih agar dapat menggunakan hak pilih mereka di Pilkada DKI Jakarta pada 27 November.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggelar sosialisasi  ke sejumlah sekolah di Jakarta Utara untuk menarik pemilih muda terlibat di dalam Pilkada DKI Jakarta," kata Komisioner Divisi Teknis KPU Jakarta Utara Ibnu Afan saat melaksanakan sosialisasi di SMAN 92 Semper Barat di Jakarta, Senin.

Baca juga: Warga Jakarta bisa tahu lokasi TPS Pilkada Jakarta secara daring

Ia mengatakan KPU Jakarta Utara (Jakut) memiliki kepentingan tinggi agar sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat yang ditargetkan harus lebih tinggi dibandingkan Pemilu 2024.

Ia menjelaskan saat Pemilu  14 Februari 2024 masyarakat yang menggunakan hak pilihnya ada di kisaran 77-78 persen, maka dalam Pilkada DKI Jakarta 2024 harus di atas angka tersebut.

"Untuk itu kita lakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, RT/RW, komunitas hingga ormas sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat sesuai dengan target yang sudah kita tetapkan," kata dia.

Baca juga: KPU DKI cetak surat suara mulai awal Oktober 2024

Ia menjelaskan setiap warga DKI Jakarta yang memiliki KTP memiliki hak pilih dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Dirinya mengaku tidak ingin warga Jakarta Utara yang sudah memenuhi syarat tapi tidak bisa menggunakan hak konstitusional memilih yang merupakan hak dasar.

"Sejak awal kami sudah melakukan sosialisasi terhadap 26 sekolah baik swasta dan negeri, termasuk aktif bersama Dukcapil melakukan perekaman KTP terhadap masyarakat dan pelajar yang pada November 2024 berusia 17 tahun," kata dia.

Baca juga: KPU DKI ingatkan paslon agar kampanye bertanggung jawab

Ia juga memastikan setiap orang yang akan mengurus identitas KTP dipastikan berkas atau blangko disediakan pemerintah daerah.

Dirinya mengimbau kepada seluruh warga Jakarta agar membantu kami dalam menyukseskan Pilkada DKI Jakarta pada 27 November  yang menjadi tanggung jawab seluruh warga Jakarta.

"Kami berharap target ini dapat tercapai," kata dia.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 92 Semper Barat, Anwar Farid mengatakan pihaknya memfasilitasi KPU untuk melakukan sosialisasi terkait Pilkada serentak terhadap ratusan pelajar kelas XII.

"Ini sejalan dengan unsur pendidikan nasional Pancasila salah satu nya suara demokrasi. Dimana peserta didik dapat memberikan aspirasi menggunakan hak pilihnya demi masa depan Jakarta," kata dia

Menurut dia sosialisasi tersebut dikhususkan untuk siswa-siswi kelas XII saja yang sudah usia 17 tahun dan memiliki KTP. Sedangkan pelajar kelas X dan XII belum mendapatkan sosialisasi.

"Harapannya anak-anak menggunakan hak pilihnya jangan ada yang golput karena ini menentukan masa depan Jakarta," kata dia.


 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024