Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menggantikan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024.

Dalam narasi judul tersebut, menarasikan Anies akan menggantikan Gibran untuk mendampingi Prabowo sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 – 2029 karena Gibran batal dilantik.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“ANIES DAMPINGI PRABOWO?

GIBRAN BATAL DILANTIK”

Namun, benarkah Anies akan menggantikan Gibran jadi Wapres Prabowo?

 

Unggahan yang menarasikan Anies gantikan Gibran jadi Wapres Prabowo 2024. Faktanya, narasi judul tidak sesuai dengan isi video. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, dalam unggahan video berdurasi 12 menit tersebut menampilkan pengamat politik, Refly Harun yang menganalisis tentang spekulasi Prabowo ingin menemui Anies Baswedan.

Dalam video tersebut, tidak ada pernyataan Refly Harun yang menarasikan Anies akan menggantikan Gibran menjadi wakil presiden karena Gibran batal dilantik.

Video lengkapnya dapat dilihat di YouTube Refly Harun yang berjudul “LIVE! PRABOWO MAU TEMUI ANIES? UNTUK APA? HATI-HATI JEBAKAN BETMEN!!”. Dengan demikian, klaim Anies gantikan Gibran jadi Wapres Prabowo 2024 adalah keliru.

Klaim: Anies gantikan Gibran jadi Wapres Prabowo 2024

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Pelantikan presiden diundur jadi Desember 2024, benarkah?

Cek fakta: Cek Fakta: Mahathir Mohamad meninggal September 2024

Baca juga: Puan: Pertemuan Prabowo-Mega tak tutup kemungkinan gabung pemerintahan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024