Malang (ANTARA) - Tim Apatte62 Brawijaya yang dikenal sebagai salah satu tim unggulan di bidang inovasi kendaraan hemat energi siap meraih gelar juara di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024 seperti tahun lalu.

Dalam ajang KMHE 2024, Universitas Brawijaya (UB) akan membawa dua mobil rancangannya, yakni “Nogososro Diesel” dan “Marsela EV”. Tahun lalu Tim Apatte 62 Brawijaya berhasil meraih juara pertama pada kategori Prototype Diesel dan Juara 3 Urban Ethanol

"Kami bangga dan mendukung penuh mahasiswa yang akan berlaga di ajang KMHE 2024, apalagi lomba ini diadakan oleh Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional)," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa UB Dr Setiawan Noerdajasakti di sela pelepasan Tim Apatte62 Brawijaya yang akan berlaga di ajang KMHE 2024, di Fakultas Teknik (FT) UB, Malang, Jawa Timur, Senin.

Baca juga: 92 mahasiswa Universitas Brawijaya lolos Program IISMA 2024

Ia mengaku bangga dengan prestasi dan dedikasi Tim Apatte62. "Semoga dalam ajang KMHE 2024, kalian bisa memberikan yang terbaik dan membawa pulang kembali prestasi membanggakan dengan gelar juara. Keberhasilan kalian akan menjadi inspirasi bagi mahasiswa UB lainnya," kata Setiawan.

Sementara itu, Dekan FT UB Prof Hadi Suyono juga memberikan dukungan penuh kepada tim tersebut.

Hadi menekankan bahwa inovasi dan kreativitas yang ditunjukkan oleh Tim Apatte62 merupakan bukti nyata komitmen FT UB dalam pengembangan teknologi berkelanjutan.

“Berusaha untuk mendapatkan prestasi itu penting, akan tetapi yang lebih penting adalah proses dimana kalian mengerjakan sebuah proyek atau karya itu, karena sejatinya inovasi itu proses yang terus berlanjut,” ujarnya.

Baca juga: Dosen dan mahasiswa UB kembangkan Jagung Raja R7 di Kabupaten Malaka

KMHE 2024 akan diselenggarakan di Sirkuit Carnaval Ancol Jakarta, pada 6-10 Oktober 2024.

Dalam KMHE 2024, Tim Apatte62 Brawijaya bertanding dengan dua kategori, yaitu Urban Concept dan Prototype yang menggunakan sumber energi yang dibedakan menjadi beberapa subkategori, yaitu motor pembakaran dalam (MPD) diesel dan motor listrik .

Dalam kesempatan ini, Tim Apatte62 Brawijaya akan meluncurkan mobil dengan kategori Urban Listrik dan Prototipe Diesel.

Baca juga: Mahasiswa UB kembangkan aplikasi pendeteksi kesegaran daging sapi

Kontes Mobil Hemat Energi adalah kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai bagian dari upaya untuk mendorong inovasi teknologi hijau dan ramah lingkungan di kalangan mahasiswa.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024