Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin mengatakan bahwa lembaganya masih menerima surat dari partai politik mengenai pergantian calon anggota legislatif (caleg) DPR RI terpilih menjelang pelantikan pada Selasa (1/10).

"Terakhir, Jumat kemarin permohonan mundur masih ada. Jumat malam, selebihnya sih saya belum cek. Mudah-mudahan udah enggak ada," kata Afif di Kantor Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Jakarta, Senin.

Afif menjelaskan bahwa total surat dari partai politik kepada KPU RI terkait pergantian caleg DPR terpilih mencapai lebih dari 20 buah.

"Terutama yang mundur-mundur ini kan berkaitan dengan calon kepala daerah, yang pemecatan juga ada kan yang kemarin kami proses," ujarnya.

Oleh sebab itu, dia mengaku sempat kerepotan untuk mengurus pergantian caleg terpilih tersebut.

"Karena kami kan memang mengejar surat pengajuan ke Istana, ke Setneg (Kementerian Sekretariat Negara). Itu juga sebelum 1 Oktober ini agar bisa segera selesai kan, agar bisa ya sebelum pelantikan inilah prosesnya selesai," katanya.

Pada Selasa (1/10), caleg DPR RI terpilih akan dilantik di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Sebelumnya, anggota DPR masa jabatan 2024-2029 mengikuti Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Calon Anggota DPR RI Terpilih Periode 2024–2029 di Jakarta dan Bogor selama 8 hari, mulai 21 hingga 29 September 2024.

Baca juga: Sekjen DPR RI ingatkan caleg terpilih tentang berperilaku teladan
Baca juga: Bawaslu minta KPU tetap lantik Gufron Siradj dan Irsyad Yusuf

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024