Jakarta (ANTARA) - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa susunan kabinet pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan diketahui pada H-5 sebelum pelantikan presiden pada 20 Oktober 2024.

Susunan kabinet yang dimaksud, kata dia, meliputi jumlah kementerian, nomenklatur kementerian, hingga nama-nama calon menteri. Namun, dia mengatakan hal itu akan secara resmi diumumkan setelah Prabowo dilantik.

"Jumlah nomenklatur kementerian sampai dengan saat ini masih dinamis. Sehingga kalau ditanya berapa, saya belum bisa menjawab," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Menurut dia, Ketua Umum Partai Gerindra itu saat ini sedang menjaga ritme dan staminanya untuk persiapan pelantikan presiden. Artinya, kata dia, Prabowo tidak akan berpergian ke luar negeri atau ke luar kota sebelum dilantik.

Dia mengatakan bahwa Prabowo pun akan melanjutkan program-program pemerintahan Presiden Joko Widodo yang sudah baik. Selain itu, program yang belum sempurna akan diperbaiki oleh Prabowo di periode mendatang.

"Tentunya kita akan masukan yang baik, dan juga kemudian memasukkan beberapa terobosan yang ditunggu oleh rakyat," kata Wakil Ketua DPR RI itu.

Di samping itu, dia pun belum bisa memastikan jadwal soal rencana pertemuan Prabowo dengan Presiden Ke-4 sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Dia mengatakan saat ini Prabowo masih disibukkan dengan penyusunan nomenklatur kementerian dan menentukan orang-orang yang akan dipilih untuk masuk ke dalam kabinet.

"Sehingga waktu-waktu untuk pertemuan dan lain-lain juga dihitung, kemudian tidak menyita waktu untuk penyusunan nomenklatur yang seharusnya H-5 sudah selesai," katanya.

Baca juga: Gus Ipul: Belum ada pembicaraan antara Prabowo dan NU terkait kabinet

Baca juga: Jubir ungkap 3 kriteria calon menteri di kabinet Prabowo-Gibran

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024