Jakarta (ANTARA) - Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menghadirkan Immigration Lounge di salah satu pusat perbelanjaan Jakarta Pusat, Senayan City, untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus paspor.

“Saya sangat berbahagia dan mengapresiasi kinerja Kantor Imigrasi Jakarta Pusat yang telah mewujudkan tantangan saya, bisa menghadirkan Immigration Lounge yang kedua di Jakarta,” kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim usai meresmikan Immigration Lounge Senayan City, Jakarta, Senin.

Immigration Lounge hadir sebagai jawaban dari kebutuhan masyarakat ibu kota untuk mengurus dokumen perjalanan di tengah padatnya aktivitas. Selain itu, layanan yang buka hingga akhir pekan ini juga bertujuan untuk memberikan pelayanan keimigrasian yang nyaman, mudah, dan cepat bagi publik.

“Kenapa ini penting? Ekspektasi publik untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik, kemudian juga dinamika produktivitas masyarakat, tentunya di sini kita respons. Pelayanan publik itu tidak hanya sebatas apa yang ada di masa lalu. Kita harus bisa memperbaiki, menyempurnakan, dan bahkan melebihi ekspektasi,” kata Silmy.

Baca juga: Imigrasi harus lebih awas kepada pemegang visa dan ITAS investor

Dengan hadirnya Immigration Lounge di pusat perbelanjaan, masyarakat dapat mengurus paspor sembari melaksanakan kegiatan lain. Hal ini, kata Silmy, merupakan terobosan dan komitmen Ditjen Imigrasi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Orang-orang yang hadir atau masyarakat yang hadir memohon paspor bisa sekaligus melakukan aktivitasnya sehari-hari karena bisa disambi dengan rapat, bisa disambi dengan kegiatan lain, dan Sabtu-Minggu di sini buka,” ucapnya.

Baca juga: Imigrasi: Petugas butuh senjata api karena risiko kerja yang tinggi

Immigration Lounge mengutamakan pelayanan prima, kenyamanan, dan kecepatan. Menurut Silmy, masyarakat bisa mendapatkan layanan pengurusan paspor satu hari jadi di Immigration Lounge Senayan City ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat Ronald Arman Abdullah mengatakan kehadiran Immigration Lounge ini diharapkan dapat lebih mendekatkan layanan keimigrasian kepada masyarakat, memudahkan akses bagi pengguna layanan, serta memberikan pengalaman yang lebih nyaman dan efisien.

“Dengan jumlah pengunjung yang sangat tinggi setiap harinya, kehadiran Imigrasion Lounge di mal ini diharapkan dapat memberikan layanan keimigrasian yang lebih mudah diakses dan nyaman bagi masyarakat yang berkunjung,” ujar dia.

Sebelumnya, Senin (10/6), Ditjen Imigrasi telah meluncurkan Immigration Lounge di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan. Ditjen Imigrasi berencana akan meluncurkan layanan serupa di pusat perbelanjaan lainnya di dalam dan luar Jakarta.
Petugas imigrasi melayani masyarakat mengurus paspor di Immigration Lounge Senayan City, Jakarta, Senin (30/9/2024). (ANTARA/Fath Putra Mulya)

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024