Sekarang IPM Kalteng hampir 74, mudah-mudahan terus naik mencapai 80.
Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran memberikan ruang untuk berdialog bersama berbagai kalangan masyarakat, termasuk pegiat komunitas, pelaku seni, hingga para duta sebagai bagian dari upaya memacu pembangunan.
 
"Pembangunan Kalimantan Tengah mencakup segala bidang, yaitu pendidikan, kesehatan, sumber daya manusia, infrastruktur, dan lainnya. Kalau pembangunan berjalan dengan baik, tingkat kebahagiaan masyarakat juga akan meningkat," kata Sugianto Sabran di Palangka Raya, Senin.
 
Ruang untuk berdialog senantiasa dia berikan ke berbagai kalangan sehingga pembangunan dapat berjalan serta terlaksana dengan benar-benar memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.
 
Sugianto menekankan bahwa pelaksanaan dialog tidak hanya sarana bagi pemerintah untuk menyampaikan program dan kegiatan pembangunan, tetapi juga wadah bagi masyarakat menyampaikan aspirasi maupun masukan.
 
Lebih lanjut Sugianto mengatakan bahwa ragam program yang telah dilaksanakan terkait dengan pendidikan, kesehatan, maupun infrastruktur. Hal ini bertujuan untuk peningkatan SDM agar semakin berkualitas serta berdaya saing.
 
Selama kepemimpinannya sebagai gubernur, angka harapan hidup di Kalimantan Tengah capai 68 tahun. Dia lantas berharap ke depan harapan hidup tersebut meningkat hingga 80 tahun, salah satunya dengan digiatkannya olahraga.
 
"Indeks pembangunan manusia (IPM) juga baik, sekarang IPM Kalteng hampir 74, mudah-mudahan terus naik mencapai 80," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Kalteng motivasi generasi muda Bartim berpendidikan tinggi
Baca juga: Gubernur sebut Kalteng Bermazmur bukti nyata semangat toleransi


Ia mengatakan bahwa pihaknya juga sangat mendukung hadirnya UMKM di Kalimantan Tengah yang saat ini jumlahnya sudah sekitar 164.000.

Pemprov Kalteng mendukung pertumbuhan UMKM dengan memberikan bantuan sebesar Rp2,5 juta per UMKM. Tercatat sekitar 80.000 UMKM diberikan bantuan.
 
Selain itu, melalui dinas kebudayaan dan pariwisata, juga diberikan bantuan dana hibah pada tahun 2024 kepada semua sanggar seni dan budaya di Kalimantan Tengah masing-masing sebesar Rp15 juta.
 
Sementara itu, Ketua TP PKK Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran menambahkan bahwa peran para duta di Kalimantan Tengah sangat penting dalam kontribusinya terhadap pembangunan dan menyukseskan berbagai pelaksanaan program.
 
"Adik-adik sebagai Duta Pariwisata, Duta Tambun Bungai, Genre, dan Duta Bahasa tentunya kami harapkan bisa berkontribusi serta berpartisipasi mendukung Bapak Gubernur dalam program penurunan stunting serta lainnya di Kalimantan Tengah," ucapnya.
 
Para duta tersebut, kata Yulistra, di antaranya bisa ikut berpartisipasi dalam kampanye sosial dengan memanfaatkan platform sosial media masing-masing, yakni berbagi mengenai program-program pembangunan, program berkaitan pendidikan, hingga mewujudkan SDM berkualitas.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024