Jakarta (ANTARA) -
Bagi banyak orang, mencuci pakaian adalah pekerjaan rumah tangga yang cukup menghabiskan waktu dan melelahkan, hal ini menjadi aktivitas yang tak bisa terhindarkan.

Agar pekerjaan rumah tangga ini cepat selesai dengan bersih, ibu-ibu rumah tangga memilih untuk memiliki mesin cuci dalam urusan mencuci baju.

Meski begitu, tidak semua orang tahu perbedaan dan cara menggunakan mesin cuci dengan benar, terutama bagi pemula yang dihadapkan pada mesin cuci manual dan otomatis.

Kedua jenis mesin cuci ini memiliki perbedaan dalam cara operasinya. Agar proses mencuci menjadi lebih mudah dan efisien, penting untuk mengetahui cara yang tepat menggunakan kedua jenis mesin cuci ini.

Cara menggunakan mesin cuci manual

Mesin cuci manual mengharuskan Anda untuk lebih banyak terlibat dalam proses pencucian karena fitur digunakan dengan cara manual atau diatur sendiri.

Namun, ini juga bisa menjadi pilihan untuk lebih hemat listrik. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan mesin cuci manual.

1. Pisahkan pakaian berdasarkan jenis bahan dan warna. Ini penting agar pakaian tidak luntur dan rusak. Beberapa bahan baju terkadang membutuhkan cara cuci khusus, ada yang cukup di cuci pakai tangan saja dan tidak boleh di cuci menggunakan mesin cuci.

2. Masukkan pakaian ke tabung dan atur operasi pencucian sesuai kebutuhan. Mesin cuci manual biasanya memiliki pengaturan waktu dan kecepatan putaran mesin yang harus diatur secara manual.

3. Isi tabung untuk mencuci dengan air bersih secukupnya. Khusus mesin cuci manual yang memiliki dua tabung, satu tabung untuk mencuci dan satu tabung lain untuk mengeringkan.

4. Tambahkan detergen dan pewangi sesuai takaran. Pastikan penggunaan detergen dan pewangi berformula sesuai dengan jenis mesin cuci manual yang digunakan.
 
5. Jika sudah selesai, tutup pintu mesin cuci dan tekan tombol untuk memulai pencucian. Setelah itu, proses pencucian akan dimulai dan tunggu hingga putaran pencucian baju selesai.
 
6. Kuras air bekas pencucian setelah proses selesai. Anda harus mengeluarkan air bekas cuci secara manual melalui selang pembuangan.
 
7. Isi ulang tabung dengan air bersih untuk membilas pakaian. Setelah proses pembilasan selesai, pindahkan pakaian ke tabung pengering.
 
8. Keringkan pakaian di tabung pengering dan atur waktu sesuai kebutuhan. Proses ini membantu memeras air dari pakaian sebelum dijemur.
 
9. Setelah proses pengeringan selesai, angkat baju dari tabung dan jemur baju di bawah sinar matahari.
 
Cara menggunakan mesin cuci otomatis
 
Berbeda dengan mesin cuci manual, mesin cuci otomatis memberikan kemudahan yang lebih nyaman karena sebagian proses operasi mesin cucinya tidak perlu banyak melibatkan pengguna.
 
Ada dua tipe mesin cuci otomatis, yakni top load (bukaan atas) dan front load (bukaan depan). Meskipun berbeda bentuk, prinsip penggunaannya kurang lebih sama dan tidak jauh berbeda.
 
Berikut cara menggunakan mesin cuci otomatis.
 
1. Pisahkan pakaian seperti pada mesin manual, berdasarkan bahan dan warna.
2. Masukkan pakaian ke dalam mesin sesuai kapasitas tabung mesin. Jangan melebihi kapasitas agar mesin tidak rusak dan pencucian berjalan dengan baik.
3. Tambahkan detergen di laci mesin yang telah disediakan. Untuk mesin cuci otomatis, gunakan detergen khusus yang diformulasikan untuk mesin otomatis agar hasilnya maksimal.
4. Atur operasi pencucian. Mesin cuci otomatis memiliki berbagai fitur yang bisa diatur sesuai dengan jenis bahan pakaian, seperti "Delicate" untuk bahan halus atau "Cotton" untuk bahan katun. Selain itu, mesin cuci otomatis biasa juga dapat diatur waktu selesai pencucian, kecepatan putaran mesin, hingga suhu air yang akan digunakan.
5. Tekan tombol mulai. Setelah fitur penggunaan mesin telah diatur sesuai kebutuhan, mesin akan melakukan semua proses secara otomatis, mulai dari mencuci, pembuangan air tabung, pengisian ulang air tabung, membilas, hingga mengeringkan pakaian.
6. Angkat pakaian setelah seluruh proses pencucian dan pengeringan selesai. Mesin cuci otomatis akan berhenti sendiri setelah operasi mesin selesai sesuai pengaturan.
 
 
Perbandingan keunggulan dari mesin cuci manual dan otomatis

  • Harga mesin cuci manual relatif lebih terjangkau dibandingkan harga mesin cuci otomatis, hal ini disebabkan mesin cuci otomatis lebih banyak tersedia fitur canggih untuk operasi pencucian.

  • Pengguna mesin cuci otomatis tidak banyak dilibatkan, sehingga dapat ditinggal dan mengerjakan pekerjaan lainnya. Sedangkan mesin cuci manual, pengguna harus menunggu setiap proses operasi pencucian, seperti untuk membuang air bekas cucian dan mengisi ulang air bersih untuk mulai pembilasan.

  • Mesin cuci otomatis biasanya membutuhkan tenaga listrik yang lebih besar, namun jumlah air yang digunakan lebih sedikit karena seluruh proses pencucian dilakukan oleh mesin, sedangkan mesin cuci manual relatif lebih hemat listrik, tetapi penggunaan air lebih banyak karena diatur secara manual.

  • Mesin cuci otomatis memiliki satu tabung saja, sehingga pencucian dan pengeringan baju langsung dilakukan tanpa pemindahan tabung, berbeda dengan mesin cuci manual yang memiliki dua tabung mesin dan harus dipindahkan dari tabung pencucian ke tabung pengeringan.


  •  
Mana yang lebih baik, mesin cuci manual atau otomatis?
 
Memilih antara mesin cuci manual dan otomatis bergantung pada kebutuhan dan kondisi Anda. Mesin cuci manual mungkin lebih hemat listrik dan air, tetapi membutuhkan waktu dan terlibat tenaga yang lebih banyak.

Di sisi lain, mesin cuci otomatis menawarkan kenyamanan dan efisiensi dalam mencuci baju, seluruh proses mencuci baju diserahkan pada mesin hingga selesai. Namun, harganya lebih mahal dan konsumsi daya listrik lebih besar.

Baca juga: Harga mesin cuci front loading berbagai merek

Baca juga: Rekomendasi & daftar harga mesin cuci satu tabung dari berbagai merek

Baca juga: Toshiba luncurkan mesin cuci yang dapat lindungi kulit

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024