Jakarta (ANTARA) - Berikut rangkuman berita humaniora populer di Indonesia kemarin (Minggu, 29/9), mulai dari Waketum MUI minta polisi adili pelaku perusakan diskusi di Kemang hingga, Rafly Ruben dilantik sebagai pemimpin HMI Universitas Indonesia (UI) setelah menghadapi dinamika internal.

1) Waketum MUI minta polisi adili pelaku perusakan di Kemang

Wakil Ketua Umum (Waketum) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas meminta kepada pihak kepolisian untuk mengadili para pelaku perusakan pada acara diskusi yang dihadiri oleh sejumlah tokoh di Kemang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9).

Anwar menekankan Indonesia adalah negara hukum, yang menjamin hak setiap orang atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat, sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 pasal 28E ayat 3.

Simak selengkapnya di sini:


2) Semua korban longsor di Solok berhasil dievakuasi dan 12 selamat

Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) menyatakan semua korban tanah longsor pada areal tambang ilegal di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, yang berjumlah 25 orang warga sudah berhasil dievakuasi dan 12 di antaranya selamat.

Direktur Operasi dan Latihan Basarnas Edy Prakoso mengatakan dari jumlah total korban yang berhasil dievakuasi tersebut sebanyak 13 orang meninggal dunia dan 12 orang selamat.

Simak selengkapnya di sini:


3) Jalan lintas Rengat-Tembilahan Riau putus akibat longor

Jalan lintas Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau pada ruas Desa Pekan Tua, putus total dan tidak bisa dilalui akibat longsor atau abrasi di tepi Sungai Indragiri.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Pertanahan Riau Teza Dasra mengatakan pada Jumat (27/9) sudah longsor, namun masih bisa dilalui. Selanjutnya, pada Sabtu (28/9) kembali longsor hingga putus total.

Simak selengkapnya di sini:


4) Benny Susetyo kecam kekerasan dalam diskusi kebangsaan di Jakarta

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Benny Susetyo mengecam aksi kekerasan yang terjadi dalam acara diskusi kebangsaan di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9).

Benny menegaskan bahwa kekerasan tersebut merupakan tindakan yang menghancurkan keadaban Pancasila dan bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan serta keadilan.

Simak selengkapnya di sini:


5) Rafly Ruben dilantik sebagai pemimpin HMI UI

Himpunan Mahasiswa Islam Universitas Indonesia (HMI UI), Cabang Depok melantik Ralfy Ruben sebagai pemimpin HMI UI yang sah, setelah berbagai dinamika yang terjadi dalam internal.

Turut hadir dalam pelantikan Nurul Isnaeni, P.hD selaku Wakil Dekan FISIP UI yang juga merupakan alumnus HMI. Beliau juga menekankan peran HMI dalam menjawab tantangan zaman.

Simak selengkapnya di sini:
 

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024