Tetap waspada. Tidak hanya pancaroba, kan Jawa Barat juga rawan bencana
Bandung (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin meminta masyarakat untuk mewaspadai transisi musim panas ke hujan atau pancaroba yang terjadi saat ini.

Hal ini diutarakan Bey, mengingat Jawa Barat termasuk kawasan rawan bencana terutama seperti banjir bandang dan longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan sebagai langkah antisipasi demi mencegah jatuhnya korban jiwa.

"Tetap waspada. Tidak hanya pancaroba, kan Jawa Barat juga rawan bencana," ujar Bey Machmudin dalam keterangan di Bandung, Minggu.

Apalagi belum lama ini, dua wilayah di Jabar yakni Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut diguncang gempa bumi yang mengakibatkan ribuan rumah rusak dan puluhan masyarakat luka-luka.

Baca juga: Kegiatan Anak Jabar Sadar Bencana berdampak banyak anak terselamatkan

Selain mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan, pihaknya juga akan menggencarkan sosialisasi terkait mitigasi bencana.

Sebab, menurut Bey, apabila masyarakat memahami mitigasi ketika bencana alam terjadi, maka angka korban jiwa dapat ditekan.

Seperti, ketika gempa terjadi, bagaimana masyarakat memiliki refleks cepat untuk menyelamatkan diri agar terhindar dari runtuhan bangunan yang berbahaya.

"Ini juga perlu sosialisasi, gimana kalau ada bencana. Harus cari tempat aman. Itu penting. Semakin ke sini, harus hati-hati," tuturnya.

Baca juga: Bey tanggapi soal wajib kerja paruh waktu penerima beasiswa UKT ITB
Baca juga: Pj Gubernur: Masih ada catatan evaluasi penanganan gempa Bandung-Garut

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024