Konektivitas transportasi di sekitar Bandara Internasional Soekarno-Hatta semakin meningkat
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarankan masyarakat menggunakan kereta jika menuju Bandara Soekarno-Hatta, karena bisa terbebas dari kemacetan dan meningkatkan efisiensi waktu perjalanan.

"Mari kita gunakan kereta bandara. Selain tepat waktu, (naik kereta ke Bandara Soekarno-Hatta) juga nyaman, mengurangi polusi dan bebas kemacetan,” kata Menhub saat meninjau Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Minggu.

Menurut Menhub, dengan menggunakan kereta maka bisa memberikan kenyamanan lebih bagi para penumpang menuju bandara tanpa harus mengalami kemacetan.

Oleh karena itu, dia mendorong masyarakat untuk menggunakan kereta bandara jika menuju Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang.

"Konektivitas transportasi di sekitar Bandara Internasional Soekarno-Hatta semakin meningkat," ujar Menhub dalam keterangan di Jakarta.

Pengguna jasa bandara kini dapat dengan mudah berpindah dari kereta bandara, kalayang, hingga ke terminal keberangkatan.

“Kereta bandara dari Manggarai menuju stasiun kereta Bandara Soekarno-Hatta. Kemudian penumpang dapat menggunakan kereta kalayang yang menghubungkan semua terminal. Sangat mudah dan ini bisa dijangkau dari Bekasi maupun Depok,” terangnya.

Menhub juga berharap ada harga khusus untuk pegawai yang bekerja di area bandara demi mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“Tentunya waktu tunggu harus dipersingkat dan saya berharap ada harga khusus kepada pegawai yang bekerja di bandara, karena mereka rutin ke sini, sehingga dapat mengurangi lalu lintas menuju bandara,” jelas Menhub.

Implementasi integrasi antarmoda melalui kereta bandara, lanjut Menhub, adalah wujud nyata komitmen pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam membangun konektivitas dan membangun angkutan umum massal.

"Dengan terintegrasinya berbagai moda transportasi, diharapkan dapat meningkatkan konektivitas, mengurangi kemacetan, mengurangi polusi dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat," ucapnya.

Saat ini selain Bandara Soekarno-Hatta, ada empat bandara lain yang dilayani kereta bandara yakni Bandara Kualanamu Medan, Bandara Minangkabau Padang, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Internasional Yogyakarta.

Selain mengecek kereta bandara, Menhub juga meninjau terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dan menyapa beberapa penumpang.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024