Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, produk pelumas dari perusahaan yang dipimpinnya semakin diakui dunia berkat kemitraan yang dijalin dengan tim balap motor MotoGP asal Italia VR46 Racing Team.

"Produk Pertamina yang memang sudah berkualitas internasional semakin diakui dunia," ujar Nicke di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Minggu.

Dia melanjutkan, Pertamina sudah bertahun-tahun mampu menciptakan pelumas berkualitas dunia dan sudah diekspor ke banyak negara.

Namun, Pertamina merasa pasar pelumas tersebut mesti diperkuat dan diperluas. Itu menjadi salah satu alasan Pertamina melalui PT Pertamina Lubricants memutuskan untuk menjadi sponsor utama VR46 Racing Team mulai tahun 2024.

Baca juga: VR46: Dukungan Pertamina motivasi raih hasil terbaik di MotoGP

Durasi kemitraan tersebut akan terjalin selama tiga musim via merek dagang pelumas Pertamina Enduro sehingga nama tim balap motor asal Italia tersebut menjadi Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

"Penting bagi kami untuk terus membawa produk-produk Indonesia ke pasar dunia," tutur Nicke.

Pertamina Lubricants memang sudah dipasarkan di belasan negara di Asia, Afrika, Australia dan Eropa.

PT Pertamina Lubricants pun mempunyai distributor di 12 negara Asia, dua di Afrika yakni Afrika Selatan dan Nigeria serta masing-masing satu distributor dan subdistributor di Australia.

Baca juga: Pertamina yakin semakin dikenal di Eropa setelah terjun di MotoGP

Pertamina Lubricants juga memiliki anak perusahaan di Thailand yakni Pertamina Lubricants Thailand Co Ltd, hasil akuisisi Amaco Production Co Ltd pada tahun 2014. Pada tahun 2018, Pertamina Lubricants membuka kantor representatif di Sydney, Australia.

"Sebelum bermitra dengan VR46 Racing Team, kami sudah bekerja sama dengan Lamborghini," kata Nicke.

Pertamina Lubricants menjadi mitra teknik resmi produsen mobil ternama asal Italia Automobili-Lamborghini tepatnya untuk divisi mobil balap mereka, Lamborghini Squadra Corse, sejak tahun 2015 dan berlangsung bertahap sampai tahun 2025. Kerja sama itu menghasilkan sebuah produk pelumas baru bernama Fastron Platinum Racing 10W-60.

Hingga tahun 2025, oli Pertamina Fastron akan digunakan Lamborghini di balapan Lamborghini Super Trofeo, GT3, World Endurance Championship dan The International Motor Sports Association Championships untuk kategori hypercar Le Mans Daytona Hybrid.

Baca juga: Pertamina Enduro VR46 pakai corak merah-putih di GP Indonesia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024