Jakarta (ANTARA) -
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Betty Epsilon Idroos mengatakan bahwa calon anggota DPR RI terpilih penting mendapat bekal mengenai pemahaman nilai-nilai kebangsaan oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) guna mengemban amanah masyarakat saat bertugas nanti.
 
Betty Epsilon Idroos menjelaskan bahwa pemahaman nilai-nilai kebangsaan yang mencakup Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika sangat penting bagi wakil rakyat sehingga mereka tidak akan kehilangan arah dalam menentukan regulasi dan tujuan dalam berbangsa serta bernegara ke depan.

Dalam sambutannya pada Penutupan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Calon Anggota DPR RI Terpilih Periode 2024—2029 di Gedung Lemhannas RI, Jakarta, Minggu, Betty berharap anggota dewan mampu membina dan membangun pemahaman serta semangat kebangsaan bagi seluruh elemen masyarakat, bangsa, dan negara agar masa kini dan mendatang memiliki karakter keindonesiaan.
 
Untuk itu, pihaknya telah bekerja sama dengan Lemhannas membuat kegiatan tersebut sebagai wujud komitmen membekali wakil rakyat sebelum pelantikan dan sah menjabat sebagai legislator.
 
Betty menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan cita-cita nasional sebagaimana amanat para pendiri bangsa seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.
 
Kerja sama KPU dengan Lemhannas ini, lanjut dia, bukanlah pertama kali, melainkan sudah berulang kali bagi calon anggota legislatif terpilih sebelum pengambilan sumpah jabatan atau pelantikan mereka.
 
KPU juga mengapresiasi Lemhannas yang telah mempersiapkan berbagai materi untuk mengisi kepala wakil rakyat terkait dengan nilai-nilai kebangsaan sehingga ke depan semua keputusan atau regulasi lembaga legislatif ini selalu berorientasi pada keutuhan dan ketahanan nasional.
 
"Apresiasi juga diberikan kepada calon anggota DPR terpilih, khususnya yang baru pertama kali menjabat, karena telah ikut dengan antusias," kata anggota KPU itu.

Baca juga: Lemhannas: Calon anggota DPR terpilih harus jadi agen perubahan
Baca juga: Anggota KPU Betty tetap netral di tengah pencalonan suami di Malteng
 
Suasana kegiatan Penutupan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Calon Anggota DPR RI Terpilih Periode 2024—2029 di Gedung Lemhannas RI, Jakarta, Minggu (29/9/2024). ANTARA/Donny Aditra
 
Kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Bagi Calon Anggota DPR Terpilih Periode 2024—2029 dilakukan di Jakarta dan Bogor selama 8 hari, mulai 21 hingga 29 September 2024.
 
Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan itu sebanyak 271 orang, terdiri atas calon anggota DPR dan DPD RI terpilih. Bagi anggota dewan yang sudah pernah ikut, tidak diwajibkan untuk ikut kembali.
 
Total peserta terbagi dalam Angkatan I dan II masing-masing 92 orang, serta Angkatan III 89 peserta.
 
Sementara itu, calon anggota DPR dan DPD RI terpilih direncanakan dilantik pada tanggal 1 Oktober 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024