Jika tidak menerapkan nilai-nilai kebangsaan itu, ketahanan dan keutuhan negara akan terancam ke depannya.
Jakarta (ANTARA) -
Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Letnan Jenderal TNI Eko Margiyono mengatakan bahwa calon anggota DPR RI terpilih memiliki tanggung jawab untuk menjadi agen perubahan (agent of change) bagi bangsa dan negara.

 
 
Setiap calon anggota dewan terpilih yang sudah sah menjadi legislator, kata dia, harus menunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan empat nilai kebangsaan, yakni penerapan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

 
 
"Kami berharap para anggota dewan bisa menjadi agen perubahan," kata Letnan Jenderal TNI Eko dalam kata sambutan Penutupan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Calon Anggota DPR RI Terpilih Periode 2024—2029 di Gedung Lemhannas RI, Jakarta, Minggu.

 
 
Jika tidak menerapkan nilai-nilai kebangsaan itu, menurut dia, ketahanan dan keutuhan negara akan terancam ke depannya.

 
 
"Kalau tidak dilakukan secara masif, mengancam keberlangsungan keanekaragaman bangsa dan negara," ujar jenderal bintang tiga TNI Angkatan Darat (AD) itu.

 
 
Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Rido Hermawan mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan program kerja sama Lemhannas dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 
 
Kegiatan dilakukan di Jakarta dan Bogor selama 8 hari, mulai 21 hingga 29 September 2024.

 
 
Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan itu sebanyak 271 orang, terdiri atas calon anggota DPR dan DPD RI terpilih. Bagi anggota dewan yang sudah pernah ikut, tidak diwajibkan untuk ikut kembali.

 
 
"Total peserta terbagi dalam Angkatan I dan II masing-masing 92 orang dan Angkatan III 89 peserta," ujar jenderal bintang dua TNI AD itu.

 
 
 
Momentum pengucapan komitmen bersama dalam kegiatan Penutupan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Calon Anggota DPR RI Terpilih Periode 2024—2029 di Gedung Lemhannas RI, Jakarta, Minggu (29/9/2024). ANTARA/Donny Aditra

 
 
Selama kegiatan, kata Mayjen TNI Rido, peserta diberi bekal pemahaman nilai-nilai kebangsaan dan kegiatan outbound atau luar ruangan guna menambah wawasan mereka tentang dasar-dasar negara saat bertugas nanti.

 
 
Selama mengikuti kegiatan, peserta yang berasal dari banyak latar belakang seperti pengusaha, dosen, mantan menteri, dan pesohor itu akan diberi sertifikat dan pin kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan oleh Lemhannas.

 
 
Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa selama proses agenda itu para peserta terlihat antusias mengikuti. Hal ini tercermin dari permintaan untuk menambah materi, waktu, dan sesi tanya jawab untuk memperdalam pembahasan dari setiap materi yang diberikan oleh para pakar atau ahli.

 
 
Sementara itu, calon anggota DPR dan DPD RI terpilih direncanakan dilantik pada tanggal 1 Oktober 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024