Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti menggandeng Badan Informasi Geospasial (BIG) memberikan sosialisasi geospasial berbasis kebencanaan di Gresik, Jawa Timur.

Menurut dia, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, pentingnya pemahaman dan edukasi kebencanaan untuk meminimalisir dampak negatif dari terjadinya bencana alam.

Hal tersebut disampaikan Roro Esti saat mengunjungi para konstituennya di Gresik, Jawa Timur, Jumat (27/9/2024). Bersama BIG selaku mitra kerja Komisi VII DPR, Roro mengadakan kegiatan sosialisasi dengan mengangkat tema "Pemetaan Kebencanaan bagi Masyarakat" yang diikuti 150 partisipan dari masyarakat Gresik.

Selain itu, Roro menambahkan bahwa Gresik kerap kali mengalami bencana banjir seperti pada 2022-2023 terdapat bencana alam yakni banjir sebanyak 173 kasus bencana.

"Selama masa jabatan saya, saya memahami bahwa bencana banjir kerap terjadi di Gresik. Maka dari itu, saya rasa sosialisasi ini sangat penting diselenggarakan di Gresik agar masyarakat dapat memahami tindakan yang tepat untuk mengantisipasi bencana banjir tersebut sekaligus penanganan yang baik ketika bencana tersebut terjadi," ungkap Roro.

Roro menambahkan Indonesia terletak di zona ring of fire yang berarti rentan terhadap dampak langsung dari gempa bumi, dalam skala, yang besar dan bahkan dapat memicu megathrust.

"Saya rasa peran BIG sangat krusial dalam pengembangan peta risiko bencana nasional yang bisa jadi panduan dalam pengembangan wilayah. Dari sini, kita bisa memperlengkapi zona-zona berisiko tersebut dengan early warning system agar dapat memprediksi lokasi yang rentan dan dengan mitigasi yang tepat dapat meminimalisir risiko yang ada," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Sistem Referensi Geospasial BIG Bayu Triyogo Widyantoro memaparkan pentingnya pemahaman geospasial dalam upaya mitigasi beberapa macam fenomena bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia, khususnya di wilayah Gresik.

Baca juga: Dyah Roro Esti: Peningkatan SDM beriringan program presiden terpilih

Selain itu, Roro juga berkesempatan memberikan bantuan tanggung jawab sosial (CSR) secara simbolis berupa pengadaan alat ekstrakurikuler untuk Taman Kanak-kanak (TK) Al Istiqlaliyah, Manyar, Gresik.

Dalam kesempatan tersebut, Roro bersama para partisipan melantunkan doa dan shalawat serta memberikan santunan kepada para anak yatim-piatu yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Terakhir, Roro mengucapkan terima kasih kepada para konstituennya yakni masyarakat Gresik atas partisipasi dan dukungan selama lima tahun terakhir (2019-2024) saat menjadi Anggota DPR.

Baca juga: Pemerintah siapkan dokumen keberlanjutan One Map Policy 2024

Roro juga berharap ke depannya masih dapat diberikan kesempatan untuk berkontribusi dan membantu para konstituennya meskipun dirinya sudah tidak bertugas di DPR RI.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024