Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 60 UMKM binaan Pertamina berpartisipasi memamerkan produk-produknya saat MotoGP Mandalika berlangsung di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 27-29 September.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati bahkan menyempatkan berkunjung ke booth-booth UMKM binaan Pertamina di area Pertamina Energizing You Festival, Sabtu (28/9).

Fadjar menambahkan, jumlah UMKM yang berpartisipasi dalam acara ini meningkat dari 50 menjadi 60 UMKM pada tahun ini. Pada 2023, 50 UMKM tersebut membukukan omzet hingga Rp700 miliar hanya dalam waktu tiga hari.

"Tahun ini kami berharap, penjualan produk lokal ini bisa meningkat, bahkan dikenal turis mancanegara yang hadir,” ucap Fadjar dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu.

“Beberapa mitra binaan juga mendapat pesanan dari luar negeri. Jadi kami berharap Pertamina Grand Prix of Indonesia turut mendukung perkembangan UMKM," jelasnya.

Fadjar menambahkan, dukungan Pertamina pada tahun ketiga penyelenggaraan MotoGP Mandalika ini sejalan dengan perannya sebagai BUMN energi untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat, terutama dari sektor pariwisata dan perdagangan.

Pertamina berharap upaya tersebut dapat menciptakan efek berganda yang lebih signifikan, sehingga memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah Lombok.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024