Jakarta (ANTARA) - Nama P Diddy belakangan ini banyak dibahas oleh masyarakat di seluruh dunia, akibat kasus asusila yang melibatkan dirinya.

P Diddy yang juga dikenal sebagai Puff Daddy, kini tengah menghadapi masalah hukum setelah diduga terlibat dalam beberapa tindak kriminal, termasuk perdagangan seks yang disertai penipuan, pemerasan.

Profil P Diddy

P Diddy yang bernama asli Sean John Combs ini adalah seorang produser musik, rapper, penyanyi, pengusaha, dan aktor asal Amerika Serikat. Lahir pada 4 November 1969, Combs telah menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di industri musik dan hiburan.

Combs lahir dan dibesarkan di New York City, Combs merupakan anak tunggal dari Janice, seorang guru, dan Melvin Combs, seorang anggota angkatan bersenjata AS yang meninggal dunia ketika Combs masih kecil.

Combs menjalani masa remaja yang sulit, tetapi menemukan minatnya dalam musik sejak dini. Combs kuliah di Howard University, di mana ia belajar bisnis dan memulai kariernya di dunia musik.

Combs memulai kariernya di industri musik sebagai anak magang di perusahaan rekaman Uptown Records. Pada tahun 1993, ia mendirikan label rekaman nya sendiri, Bad Boy Records. Label ini segera meraih sukses besar dengan merilis album-album dari artis-artis terkenal seperti The Notorious B.I.G., Faith Evans, dan Mase.

Pada tahun 1997, Album debut Combs, "No Way Out" , mencapai kesuksesan yang luar biasa, dengan hits seperti "I'll Be Missing You" dan "Can't Nobody Hold Me Down." Album ini kemudian meraih Penghargaan Grammy dan menetapkan posisi Combs sebagai salah satu produser terkemuka di industri musik.

Pada tahun 1999, Combs dinyatakan bertanggung jawab atas insiden penyerbuan di City College dan diwajibkan membayar ganti rugi terkait beberapa klaim.

Di tahun yang sama, ia juga mengaku bersalah atas kasus pelecehan. Setelah menghadapi beberapa dakwaan, termasuk kepemilikan senjata api ilegal, ia akhirnya dibebaskan pada tahun 2001.

Ia kembali ke dunia musik dengan merilis album kedua yang berjudul “The Saga Continues.” Kemudian, pada tahun 2005, ia meluncurkan album ketiganya yang berjudul “Press Play.”

Pada tahun 2021, Combs mengubah nama tengahnya dari John menjadi Love. Dua tahun kemudian, ia merilis album "The Love Album: Off the Grid," yang dinominasikan untuk Grammy.

Pada tahun 2023, ia menghadapi gugatan pelecehan seksual dan perdagangan seks, salah satunya dari penyanyi yang pernah bekerja sama dengannya. Kasus tersebut diselesaikan di luar pengadilan, tetapi reputasinya mulai menurun. Kini, tahun 2024, ia kembali menghadapi masalah hukum yang lebih serius, seperti dugaan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur hingga perdagangan seks.

Biodata P Diddy

• Nama lengkap: Sean John Combs, Sean Love Combs

• Nama Panggung: P Diddy, Puff Daddy, Diddy, Sean “Puffy” Combs
​​​​​​​
• Tempat dan tanggal lahir: 4 November 1969, New York, Amerika Serikat

• Pendidikan: Howard University

• Pekerjaan : Produser musik, rapper, penyanyi, pengusaha, dan aktor

• Nama Ibu : Janice Combs

• Nama Ayah : Melvin Earl Combs

• Nama Anak : Quincy Taylor Brown, Justin Dior Combs, Christian Combs, Chance Combs, D’ Lila Star Combs, Jessie James Combs, Love, Sean Combs

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024