Pekanbaru, (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menyasar sekolah di pinggiran yang berada di perbatasan Pekanbaru dengan Siak, tepatnya di Jalan Geringging, Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur, untuk simulasi program makan bergizi gratis.
 
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Sabtu, mengatakan sebelumnya uji coba makan bergizi gratis dilakukan di tengah kota. Akan tetapi kali ini Pemkot Pekanbaru berencana untuk melakukan simulasi secara lebih luas.
 
"Kalau sebelumnya uji coba makan siang gratis dilakukan di tengah kota, sekarang kami akan mencoba simulasi ini di pinggiran kota," katanya.
 
Dia mengatakan sasaran makan siang gratis nanti adalah Sekolah Dasar Negeri 185 dari kelas 1 sampai 6, dengan jumlah siswa sekitar 146 orang. Satu lagi Sekolah Menengah Pertama Negeri 49 yang memiliki total 72 siswa.
 
Jamal mengatakan Disdik Pekanbaru terus berupaya memberikan yang terbaik untuk pendidikan dan kesejahteraan anak-anak di kota ini. Salah satunya program makan bergizi gratis yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan siswa sekaligus mendukung kegiatan belajar.
 
Sebelumnya Pemkot Pekanbaru menggelar simulasi makan bergizi gratis di dua sekolah yakni di SDN 68 dan SMPN 32 Pekanbaru pada awal September lalu. Lebih kurang ada seribu murid yang mendapat makan siang bergizi gratis dalam simulasi tersebut.
 
"Kota Pekanbaru sebenarnya sudah siap melaksanakan program dari Presiden RI terpilih ini," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa saat itu.
 
Pemkot Pekanbaru, ungkapnya, hanya tinggal menanti petunjuk teknis dari kementerian terkait yang menangani program ini. Ia mengaku siap menerima arahan selanjutnya untuk penerapan program ini.

Baca juga: Baznas nyatakan siap berkolaborasi sukseskan program Makan Gratis
Baca juga: Makan bergizi gratis dinilai ciptakan SDM Generasi Emas 2045

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024