Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 23 perusahaan dan lembaga terkemuka ikut serta dalam bursa kerja (job fair) dan beasiswa tahunan "Engineering Career and Internship Fair" (ECIF) 2024 Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI).
 
“ECIF merupakan wujud nyata komitmen kami untuk menyiapkan mahasiswa dan alumni menghadapi dunia kerja yang kompetitif," kata Dekan FTUI Heri Hermansyah dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.
 
Heri mengatakan, kegiatan ini merupakan akses ke peluang karir terbaik dan menjembatani mahasiswa serta alumni dengan perusahaan terkemuka di tingkat nasional maupun internasional.
 
Human Resources Business Partner, PT Ciba Vision Batam (Alcon), Esther Silitonga menambahkan, antusiasme dalam acara "Engineering Network" dan ECIF begitu luar biasa.
 
"Pada kegiatan ECIF, para mahasiswa dan alumni banyak sekali yang ingin mengetahui berbagai kesempatan karier di PT Ciba Vision Batam (Alcon)," ujar Esther.

Baca juga: UI resmikan laboratorium Nano Device pusat unggulan nanoteknologi
 
Esther berharap pada kesempatan ini bisa memperluas berbagai kesempatan kerja sama antara PT Ciba Vision Batam (Alcon) dan FTUI.
 
Hal ini turut memungkinkan mahasiswa dan alumni untuk tetap terhubung dengan dunia industri di tengah keterbatasan jarak dan waktu.

ECIF 2024 merupakan bagian dari upaya FTUI untuk mempersiapkan mahasiswa dan lulusannya menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.
 
Tidak hanya memberikan informasi terkait lowongan pekerjaan dan magang, tetapi juga menjadi platform bagi perusahaan untuk menemukan talenta-talenta terbaik dari FTUI.
 
FTUI berharap melalui ECIF, mahasiswa dan alumni dapat memanfaatkan peluang karir yang tersedia dan perusahaan peserta dapat menemukan talenta unggul yang mampu berkontribusi dalam pengembangan industri di masa mendatang.

Baca juga: Mahasiswa UI presentasikan machine learning di forum internasional
 
ECIF 2024 telah diadakan oleh "Career Development Center" (CDC) FTUI berlangsung pada 26-27 Agustus 2024 secara daring dan luring (hybrid) di Taman Rotunda FTUI.
 
Untuk pameran daring bisa diakses melalui platform ecif.eng.ui.ac.id yang dibuka sejak 19 Agustus hingga 19 September 2024.
 
Sebanyak 23 perusahaan dan lembaga terkemuka nasional maupun multinasional di ECIF 2024 antara lain PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Ciba Vision Batam, Paragon Corp, PT Sayap Mas Utama (WingS Group) dan PT Sucofindo.
 
PT ABB Sakti Industri, PT Huawei Tech Investment, PT Kilang Pertamina Internasional, PT Astra Honda Motor, Contact Taiwan, Human Resocia Co., Ltd, PT Badak NGL dan Campus France.
Baca juga: FTUI perkuat kerja sama dengan universitas terkemuka di Inggris

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024