Jakarta (ANTARA) - Raphael Dias Belloli atau yang dikenal Raphinha menjadi salah satu pemain sepak bola asal Brasil yang bermain untuk klub ternama Spanyol, FC Barcelona menempati posisi sebagai sayap atau penyerang sayap.

Pria kelahiran Porto Alegre, Brasil pada 14 Desember 1996 itu, namanya belakang ini menjadi sorotan usai berhasil mencetak tiga gol (hattrick) untuk Barcelona mengalahkan Real Valladolid dengan skor 7-0 pada laga La Liga Spanyol musim 2024/25 di Stadion Olimpiade Lluis Companys, Barcelona.

Raphinha mencetak golnya tersebut pada menit ke-20, 64 dan 72, menjadi hattrick perdananya setelah 91 pertandingan untuk Barcelona.

Raphinha mulai bergabung dengan FC Barcelona pada musim 2022/23. Di musim pertama, ia membantu Barcelona meraih gelar liga dengan 10 gol dan 12 assist, dikutip laman resmi FC Barcelona.

Raphinha mengawali karier sepak bola profesional dengan menimba ilmu di sistem pemuda di klub sepak bola Brasil, Avaí FC, memulai debutnya pada usia 19 tahun.

Kemudian, pada 2016 Raphinha pindah ke sepak bola Eropa, ia menandatangani kontrak dengan klub Liga Primera Portugal, Vitòria Guimaraes.

Dua tahun kemudian, pada 2018 Raphinha menandatangani kontrak dengan Sporting Club de Portugal untuk musim 2018/19. Raphinha bersama klub Sporting Club de Portugal, mengikuti sejumlah kejuaraan dan berhasil memenangkan dua gelar Copa de la Liga dan Copa de Portugal.

Pada 2019, Raphinha bergabung dengan salah satu klub sepak bola Prancis, Ligue 1 Rennes.

Pada musim panas 2020, Raphinha pindah ke klub sepak bola Inggris, ia menandatangani kontrak dengan Leeds United. Selama dua musim di klub Inggris tersebut, Raphinha mencetak 17 gol dan menciptakan 10 assist.

Raphinha juga dipercaya bergabung dengan tim nasional Brasil. Ia memulai debutnya untuk tim nasional Brasil pada 7 Oktober 2021 melawan Venezuela. Raphinha juga menjadi bagian dari skuad Brasil di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Baca juga: "Hattrick" Raphinha bawa Barcelona tundukkan Valladolid 7-0

Baca juga: Tekuk Las Palmas 1-0, Barcelona terus tempel ketat Real Madrid

Baca juga: Barcelona akan jual empat pemain pada bursa transfer musim panas

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024