Palembang (ANTARA) - Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) RI Afriansyah Noor menyebutkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang pelatihan diperlukan untuk memperluas kesempatan kerja.

Wamenaker Afriansyah usai menjalani Sidang Terbuka Doktor Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya (Unsri), di Palembang, Sabtu, mengatakan penyerapan tenaga kerja di Indonesia itu masih terbilang sedikit, karena kurangnya kompetensi dan vokasi.

“Memang masih perlu peningkatan sumber daya manusia di Indonesia untuk bidang pelatihan,” kata Wamenaker.

Ia menjelaskan salah satunya program pemerintah peningkatan dan perluasan pekerja ke luar negeri. Alasan perluasan pekerja ke luar negeri itu dikarenakan kurangnya kesempatan bekerja di Indonesia dan juga saat ini negara luar itu sedang kekurangan tenaga kerja.

Baca juga: Wamenaker: Sistem Informasi Pasar Kerja guna pacu pemberdayaan SDM RI

Namun, kata dia, diperlukan peningkatan skill Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk bekerja di luar negeri. Oleh sebab itu pihaknya terus memfasilitasi pelatihan untuk peningkatan kompetensi pekerja di Indonesia.

Wamenaker mengatakan saat ini negara penempatan yang telah bekerja sama dengan Indonesia yaitu Korea, Jepang, Hongkong, dan Taiwan.

“Jadi, kami akan memberangkatkan para pekerja yang memiliki skill dan kemampuan untuk bekerja di bidang manufaktur, industri, dan sebagainya. Karena bidang ini diperlukan oleh negara penempatan,” jelasnya.

Selain itu Wamenaker Afriansyah telah menyelesaikan Program Doktor Administrasi Publik FISIP Unsri dengan judul disertasi “Model Collaborative Governance Dalam Peningkatan Evaluasi Pekerja Migran Indonesia”.

Baca juga: Wamenaker: Kunci capai Indonesia Maju 2045 pengembangan kualitas SDM

Menurutnya, disertasi tersebut bisa digunakan oleh pemerintah untuk peningkatan dan perluasan kesempatan pekerja agar bisa bekerja ke luar negeri, khususnya Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Ia berharap setelah meraih gelar doktor itu ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan itu dapat diimplementasikan dalam bidang ketenagakerjaan.

“Mudah-mudahan ilmu saya bisa diimplementasikan di bidang ketenagakerjaan khususnya. Hal ini juga dapat dikolaborasikan keilmuan saya untuk bangsa dan negara,” kata Wamenaker Afriansyah.

Baca juga: Wamenaker imbau perusahaan ikut andil ciptakan SDM siap kerja

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024