Kuala Lumpur, Malaysia, (ANTARA/PRNewswire)- Sungrow, pemasok sistem inverter PV dan penyimpanan energi terkemuka di dunia, resmi bekerja sama dengan MSR Green Energy SDN BHD (MSR-GE) untuk menggarap proyek Battery Energy Storage System (BESS) 100MW/400MWh di Sabah, Malaysia.

Proyek ini akan berperan penting dalam transisi Sabah menuju energi terbarukan dan pembangunan berkelanjutan. Kapasitas terpasang setelah proyek ini rampung kelak mencapai 517MWh, memenuhi kebutuhan jangka panjang klien.

MSR-GE, perusahaan yang mengembangkan proyek ini, berhasil memenangkan tender Sabah Electricity Sdn. Bhd. (SESB), serta menerima Surat Konfirmasi pada 11 September 2024. Kontrak ini, bernilai sekitar RM 645 juta, meliputi pekerjaan teknik, pengadaan, dan konstruksi Proyek Sabah BESS.

Acara peresmian kerja sama dihadiri Senior Vice President, Sungrow, James Wu dan Director, MSR-GE, Xavier Qiang, di kantor pusat Sungrow. Proyek BESS ini akan memakai teknologi baterai canggih, Sistem Power Conversion, sistem Medium Voltage, serta Sistem Manajemen Energi. Seluruh sistem ini menjamin kinerja efisien dan stabilitas operasional.

Sebagai pemimpin pasar, Sungrow menawarkan solusi lengkap bagi MSR-GE. Solusi ini mengintegrasikan inovasi teknologi energi terbarukan yang meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan sekaligus memenuhi permintaan pasar energi.

Xavier Qiang, Director, MSR-GE, mengomentari kerja sama ini: "Kami sangat gembira berkolaborasi dengan Sungrow, salah satu penyedia BESS terkemuka di Tiongkok yang memiliki rekam jejak di pasar global. MSRGE telah menerapkan off-grid Solar BESS hybrid system dengan solusi Sungrow yang memasok energi bersih selama 24/7 untuk perkebunan kelapa sawit di Sabah. Kami ingin memadukan keahlian MSR-GE dalam pelaksanaan proyek dengan keahlian BESS Sungrow. Dengan demikian, kami menghadirkan solusi penyimpanan energi berskala besar yang paling canggih dan reliabel di Malaysia. Fasilitas ini akan mendukung Sabah menangani tantangan suplai listrik dan stabilitas jaringan transmisi listrik, serta memastikan jaringan listrik siap memenuhi kebutuhan pembangkit listrik energi terbarukan pada masa depan."

Country Manager, Malaysia, Sungrow, Cobe He, menekankan peran penting dari kolaborasi tersebut, "Kami akan mengerahkan tim proyek khusus guna mendukung MSR-GE, serta menjamin efisiensi pelaksanaan dan kelancaran proyek. Tim lokal kami akan memastikan kualitas proyek dalam jangka panjang, kinerja proyek, serta menyediakan Long-Term Service Agreement (LTSA) jangka panjang guna menjamin kinerja dan nilai tambah terbaik."

Kemitraan ini mempererat hubungan strategis antara Sungrow dan MSR-GE di sektor energi terbarukan, serta menjadi basis yang baik untuk kerja sama berikutnya.

Tentang MSR-GE

MSR Green Energy SDN BHD (MSR-GE) bergerak dalam layanan instalasi dan pemeliharaan sistem fotovoltaik (PV) tenaga surya, serta manajemen, konsultasi, dan konstruksi proyek energi terbarukan. MSR-GE juga memiliki bisnis kelistrikan dan pendukung lain. Sebagai pengembang proyek, MSR-GE menyediakan layanan desain dan teknik, pengadaan, konstruksi, dan implementasi (EPCC) sistem PV tenaga surya. Vernon Ong Kah Hui, salah satu pendiri MSR-GE, serta pendiri Malaysian Solar Resources Sdn. Bhd., berperan besar dalam menggarap fasilitas PV tenaga surya berkapasitas sekitar 176 megawatt, termasuk ground-mounted, net energy metering (NEM), retrofit, serta sistem PV yang terintegrasi dengan bangunan. MSR-GE merupakan perusahaan asosiasi Seal Incorporated Berhad yang memiliki 20% saham. Seal Incorporated Berhad adalah perusahaan yang tercatat pada papan perdagangan utama di Bursa Securities. Sementara, 40,8% saham MSR-GE dimiliki KVC Corporation Sdn Bhd, dan porsi saham lain dipegang oleh Vernon Ong dan Xavier Qiang.

Tentang Sungrow

Sungrow, pemimpin teknologi energi terbarukan dunia, telah menjadi pionir solusi listrik berkelanjutan selama lebih dari 27 tahun. Pada Juni 2024, Sungrow telah menggarap instalasi konverter elektronika daya berkapasitas 605 GW di seluruh dunia. Volume penjualan inverter PV Sungrow menempati peringkat No.1 dunia (S&P Global Commodity Insights). Sungrow juga menjadi produsen sistem penyimpanan energi yang paling layak kredit di Asia (BloombergNEF). Proyek energi bersih Sungrow tersebar di lebih dari 170 negara, didukung jaringan yang mencakup 490 gerai layanan yang menjamin layanan pelanggan terbaik. Sungrow berkomitmen mempercepat transisi menuju masa depan berkelanjutan lewat teknologi mutakhir dan layanan terbaik. Informasi lebih lanjut tersedia di www.sungrowpower.com

Tentang Proyek Sabah BESS

Pada November 2023, Sabah Electricity Sdn. Bhd. (SESB) mengikuti tender Proyek Sabah Battery Energy Storage System (BESS). MSR-GE, bersama mitra-mitra konsorsium, menyampaikan penawaran pada Desember 2023. SESB pun menerima surat konfirmasi tender dari Energy Commission of Sabah untuk menggarap proyek BESS 100MW dengan kapasitas 400MWh yang terletak di Lahad Datu, pesisir timur Sabah.

Proyek ini, berkapasitas maksimum 400MWh, akan menjadi salah satu sistem BESS terbesar di Asia Tenggara. Mulai dibangun pada September 2024, proyek ini akan rampung pada 30 Juni 2025. Proyek BESS ini menjadi bagian dari upaya SESB memperkuat infrastruktur Sabah Grid, serta meningkatkan kapasitas pembangkit listrik. BESS ini juga akan mengoptimalkan margin cadangan jaringan transmisi listrik pada jam-jam sibuk, serta mendukung ekspansi tenaga surya berskala besar di Sabah. Lebih lagi, proyek ini akan meningkatkan stabilitas jaringan transmisi listrik, mempromosikan kelestarian alam, serta menciptakan semakin banyak peluang peningkatan kapasitas energi terbarukan di Sabah.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024