Jakarta (ANTARA) - Dani Olmo merupakan pemain sepak bola asal Spanyol yang baru direkrut bergabung dengan klub Liga Spanyol, Barcelona.

Pria kelahiran Terrassa, Spanyol 7 Mei 1998 itu, menjadi transfer pertama klub Barcelona di musim panas 2024 dengan klub Jerman RB Leipzig.

Kedatangan Dani Olmo di FC Barcelona ini menandakan kepulangannya ke kampung halaman usai hampir 10 tahun pergi. Dani Olmo merupakan jebolan dari akademi Barcelona, La Masia klub masa kecilnya.

Melansir laman resmi FC Barcelona, Dani Olmo pertama kali bergabung dengan Barcelona pada 2007. Dani Olmo gelandang yang serba bisa ini naik turun kategori usia, terakhir ia bergabung dengan tim Barcelona U16 pada 2013.

Pada 2014, Dani Olmo melanjutkan karier sepak bolanya ke Kroasia dengan menandatangani kontrak dengan klub sepak bola Dinamo Zagreb. Selama di Kroasia Dinamo Zagreb, Dani Olmo meraih banyak penghargaan yakni lima gelar liga dan tiga Piala Kroasia serta satu Piala Super Kroasia.

Pada tahun 2020, Dani Olmo pindah ke klub sepak bola Jerman RB Leipzig. Selama di klub sepak bola RB Leipzig, Dani Olmo meraih tiga trofi, yakni dua Piala Jerman dan satu Piala Super Jerman.

Terhitung sejak Agustus 2024 Dani Olmo resmi bergabung dengan tim senior FC Barcelona. Dani Olmo berhasil mencatatkan gol di laga debutnya bersama Barcelona. Ia berhasil mencetak satu gol pada pertandingan Barcelona menaklukkan Rayo Vallecano 2-1 dalam laga pekan ke-3 LaLiga musim 2024/25.

Dani Olmo juga dipercaya bergabung dengan tim nasional Spanyol, melakoni debutnya di timnas senior pada tahun 2019, Olmo telah menjuarai kancah sepak bola UEFA Nations League 2022/23 dan baru-baru ini Piala Eropa 2024

Baca juga: Gol perdana Dani Olmo bawa Barcelona menang 2-1 atas Rayo Vallecano

Baca juga: Barcelona bisa turunkan Dani Olmo di La Liga

Baca juga: Barcelona resmi mengumumkan transfer Dani Olmo dari RB Leipzig

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024