Jakarta (ANTARA) - Kylian Mbappe merupakan salah satu pemain sepak bola terbaik dunia saat ini, ia telah mencuri perhatian dunia dengan skill kecepatan, keterampilan, dan ketajamannya dalam mencetak gol.

Lahir pada 20 Desember 1998 di Bondy, pinggiran Paris, Prancis, Kylian Mbappe memulai karier dalam sepak bolanya di usia yang cukup muda dan dengan cepat menanjak ke puncak dunia olahraga.

Mbappe menunjukkan kepiawaian di lapangan dengan membawa Timnas Prancis meraih juara Piala Dunia 2018. Berkat bakat luar biasanya, ia menjadi salah satu pemain yang paling diincar dan memiliki nilai transfer tertinggi di dunia.

Ingin tahu lebih lanjut tentang profil dan awal karier pesepak bola asal Prancis ini? Simak berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber resmi.

Profil dan jejak karier Kylian Mbappe

Kylian Mbappe Lottin merupakan pemain sepak bola profesional asal Prancis yang saat ini berposisi sebagai penyerang di klub La Liga, Real Madrid, Spanyol, dan menjadi kapten kesebelasan Timnas Prancis.

Pemain profesional berusia 25 tahun ini dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia, dengan kemampuan unggul dalam menggiring bola, kecepatan, dan penyelesaian peluang di depan gawang lawan.

Lahir di Paris dan dibesarkan di Bondy, Kylian Mbappe bergabung dengan tim junior AS Bondy pada usia enam tahun. Ibunya, Fayza Lamari, berdarah Aljazair, sementara ayahnya, adalah imigran dari Kamerun yang menetap di Prancis, dan merupakan pelatih sekaligus direktur klub AS Bondy.

Pada 2013, di usia yang baru menginjak 14 tahun, Kylian Mbappe menandatangani kontrak dengan AS Monaco, klub Ligue 1 (liga teratas di Prancis), dan bermain untuk tim muda serta tim U-19.

Mbappe memulai karier debut profesionalnya bersama AS Monaco pada tahun 2015 saat usianya baru 16 tahun. Pada musim 2016/2017, ia membantu Monaco memenangkan Ligue 1, menjadikannya pemain termuda yang mencetak gol dalam kompetisi tersebut.

Pada musim itu, Mbappe mencetak 15 gol dan menempatkannya di posisi kelima pencetak gol di Ligue 1 dan membantu AS Monaco meraih gelar juara. Ia membawa timnya melaju ke semifinal Liga Champions UEFA, setelah mengalahkan Manchester City dan Borussia Dortmund, sebelum kalah dari Juventus.

Prestasinya yang mengesankan menarik perhatian Paris Saint-Germain (PSG), yang kemudian merekrutnya pada tahun 2017. Saat itu, PSG juga mendatangkan pemain asal Brasil, Neymar Jr, yang diharapkan dapat membentuk duet kuat di lini depan bersama Mbappe.

Bersama Neymar, Mbappe membantu PSG meraih tiga gelar Ligue 1 berturut-turut (2017-2018, 2018-2019, dan 2019-2020). Ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga pada musim 2018-2019 setelah mencetak 33 gol, terbanyak di Ligue 1.

Ia bersama rekan-rekannya di PSG memimpin liga dalam jumlah gol selama tiga musim berturut-turut dan kembali meraih penghargaan Pemain Terbaik liga pada 2020-2021. Pada 2021, PSG merekrut Lionel Messi untuk membentuk lini depan yang berbakat, dan kembali berhasil meraih gelar Ligue 1 lagi pada 2021-2022.

Mbappe kemudian menandatangani kontrak baru yang dapat memperpanjang masa tinggalnya di PSG hingga 2025, dan menjadikannya pemain dengan gaji tertinggi di dunia pada musim tersebut.

Pada musim 2022-2023, Mbappe kembali menjadi pencetak gol terbanyak di Ligue 1 dan meraih penghargaan Pemain Terbaik liga, sementara PSG menambah gelar Ligue 1.

Kemudian di musim 2023-2024, PSG kembali meraih gelar Ligue 1, dan Mbappe dinyatakan sebagai Pemain Terbaik tahun itu untuk ketiga kalinya berturut-turut.

Namun, pada Februari 2024, Mbappe menginformasikan PSG bahwa ia tidak akan memperpanjang kontrak dan berencana meninggalkan klub setelah musim 2023-2024.

Kemudian, pada Mei 2024, ia mengumumkan di media sosial bahwa ia akan pergi dari PSG, dan pada Juni 2024, Real Madrid secara resmi mengumumkan kedatangannya.

Baca juga: Mbappe akan absen tiga pekan karena cedera paha

Baca juga: Ancelotti konfirmasi Mbappe baik-baik saja

Baca juga: Real Madrid lanjutkan tren kemenangan usai atasi perlawanan Alaves 3-2

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024