Jakarta (ANTARA) - Meskipun usianya masih sangat muda, penampilan mengesankan Leny Yoro di posisi pertahanan telah menarik perhatian klub-klub top Premier League.

Leny Jean-Luc Yoro atau yang akrab dikenal dengan nama Leny Yoro memulai kariernya sejak usia belia. Lahir pada 13 November 2005 di Saint-Maurice, Prancis, ia bergabung dengan akademi muda Lille pada tahun 2017 saat usianya baru 12 tahun. Sejak saat itu, ia terus berkembang hingga menembus tim utama.

Pada Mei 2022, Yoro melakukan debut profesionalnya di Ligue 1 pada usia 16 tahun 6 bulan. Setelah menjalani musim pertama sebagai pemain cadangan, ia menjadi pemain kunci di musim kedua, bahkan menjalani debut di kompetisi Eropa pada Agustus 2023.

Dengan tinggi 1,90 meter, Yoro menjadi salah satu pemain tertinggi di lapangan, selain itu kekuatan fisik dan kelincahannya membuat Yoro mampu mengatasi lawan-lawannya dengan efektif, baik dalam situasi bertahan maupun saat membantu serangan.

Ia mencetak dua gol di Ligue 1 musim 2023/24, keduanya melalui sundulan. Ketangguhan fisik dan keterampilannya membuat banyak klub besar mulai memperhatikannya.

Di tahun 2024, Yoro bergabung dengan Manchester United dengan nilai transfer sebesar €62 juta (sekitar Rp990 miliar) sehingga menjadikannya pemain termahal di bawah usia 18 tahun dan salah satu bek tengah termahal sepanjang sejarah. Ia menandatangani kontrak lima tahun hingga 2029 dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Yoro juga telah membela timnas Prancis di berbagai kelompok usia, mulai dari U-17 hingga U-23. Setiap kali menghadapi tantangan baru, ia selalu mampu beradaptasi dengan baik.

Selama musim 2023/24, dalam 30 penampilan sebagai starter di Ligue 1, Yoro memperlihatkan perkembangan signifikan dalam hal agresivitas dan ketenangan saat menguasai bola, serta memenangkan 67,86 persen duel udara.

Kini Yoro sedang membuktikan kemampuannya di salah satu liga terbaik dunia. Meski masa depan sulit diprediksi, semua tanda menunjukkan bahwa ia memiliki bakat yang luar biasa dengan peluang besar untuk sukses di masa mendatang.

Baca juga: Leny Yoro absen bela United tiga bulan setelah operasi cedera kaki

Baca juga: Ten Hag tak pusingkan cedera Hojlund dan Yoro

Baca juga: Baru gabung MU, Leny Yoro terancam absen tiga bulan karena cedera


Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024