Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan konsumsi untuk atlet dan ofisial peserta Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di Solo, Jawa Tengah 2024, terjamin kualitasnya,.

Hal itu dikatakan Menpora menyusul banyaknya keluhan terkait konsumsi atlet pada penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

"Untuk makanan sudah didiskusikan nanti akan dari hotel. Bagaimana quality control-nya terjamin, dan kualitas dari makanan itu sendiri terjamin," kata Menpora Dito di Jakarta, Jumat.

Menpora juga menyebut bahwa lokasi penyelenggaraan Peparnas 2024 yang berada di Surakarta, Boyolali, Karanganyar, dan Sukoharjo memiliki akomodasi hotel yang cukup, bahkan berlebih, mulai dari bintang dua hingga bintang lima.

Dito memastikan kesiapan akomodasi dan arena pertandingan siap 100 persen dan sudah memiliki akses disabilitas, mengingat semua fasilitas tersebut telah dipergunakan untuk penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 di kota yang sama.

"Semua venue yang ada di Jawa Tengah itu siap, karena sebelumnya sudah pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games. Sehingga nanti PB Peparnas fokus dalam mengelola penyelenggaraan event," jelas Menpora Dito.

Baca juga: Kemenpora gelontorkan Rp290 miliar untuk Peparnas 2024

Sementara itu, Ketua Pelaksana PB Peparnas XVII DB Susanto menyatakan pihaknya siap dalam menyukseskan ajang tersebut.

"Kami sudah membentuk beberapa bidang seperti akomodasi, konsumsi, pertandingan dan lainnya. Solo dan sekitarnya sudah siap termasuk penginapannya. Begitu juga dengan venue yang sudah dilakukan monitoring," katanya.

Seperti diketahui, Peparnas XVII diselenggarakan pada 6-13 Oktober 2024, dengan total 20 cabang olahraga. Pertandingan itu tersebar di Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar, dan Boyolali.

Baca juga: Kemenkominfo siapkan media center lengkap untuk Peparnas 2024

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024