fokus saja bekerja secara profesional
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto menginstruksikan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya untuk menjaga netralitas selama tahapan  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

Uus meminta ASN  tetap fokus bekerja melayani masyarakat sesuai bidang tugas masing-masing.

"Saya mengimbau kepada seluruh jajaran ASN dari khususnya Jakarta Barat fokus bekerja untuk melayani masyarakat dan  menjaga netralitas," kata Uus saat dihubungi di Jakarta,  Jumat.

Baca juga: Tiga paslon sepakat tawarkan purna pejabat tangani masalah Jakarta

Uus bahkan menggarisbawahi ASN  yang menyangkut layanan umum wajib untuk menjalankan tugas tersebut.

"Terutama ASN yang berkaitan dengan layanan umum mengurus masyarakat, jadi fokus saja bekerja secara profesional," kata dia.

Uus tidak ingin ada penilaian buruk terhadap jajaran Pemkot Jakbar  gara-gara terlibat politik praktis.

"Jangan sampai terjadi penilaian yang tidak baik terhadap jajaran Pemkot Jakarta Barat. Fokus saja kepada pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya," tutur Uus.

Baca juga: KPU DKI cetak surat suara mulai awal Oktober 2024

Kewajiban ASN agar tidak berpihak secara politik ditegaskan dalam pasal 2 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, di mana salah satu asas dalam kebijakan dan manajemen ASN adalah netralitas.

Lebih lanjut, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 beberapa bentuk keterlibatan dalam politik praktis yang dilarang bagi ASN seperti melakukan pendekatan terhadap partai politik terkait rencana pengusulan dirinya maupun orang lain sebagai bakal calon atau wakil di pemilu.

Baca juga: Paslon gubernur dan wakil gubernur DKI siapkan solusi atasi kemiskinan

Kemudian memasang spanduk atau baliho yang mempromosikan dirinya maupun orang lain sebagai bakal calon di pemilu, mendeklarasikan dirinya sebagai bakal calon atau wakil di pemilu dan sejumlah tindakan yang dilarang lainnya.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024