Jakarta (ANTARA) - Lamine Yamal, merupakan salah satu bintang sepak bola termuda yang menjadi unggulan klub ternama Spanyol, FC Barcelona.

Pria kelahiran Esplugues del Llobregat, Spanyol 13 Juli 2007 itu bergabung di tim senior Barcelona saat usianya masih 15 tahun.

Lamine Yamal Nasraoui Ebana memiliki darah campuran Maroko dari ayahnya dan Guinea Khatulistiwa dari ibunya yang berimigrasi ke Spanyol. Lamine Yamal menghabiskan sebagian besar masa mudanya di Barcelona.

Melansir laman transfermarkt, Lamine Yamal mulai menggeluti karier sepak bolanya dengan bergabung di klub lokal CF La Torreta pada 2010.

Kemudian pada 2014, Yamal bergabung dengan akademi milik FC Barcelona, La Masia, pada usia 7 tahun. Di La Masia, pria dengan tinggi badan 178cm itu melaju lebih cepat di setiap kategori usia dibandingkan pemain lain di generasinya.

Baca juga: Lamine Yamal raih penghargaan Pemain Muda Terbaik Euro 2024

Di musim 2022/2023, Lamine Yamal dipercaya main di tim U19 Barcelona. Yamal dipilih oleh pelatih Xavi Hernández untuk berlatih bersama tim utama di awal September 2022.

Pada bulan April 2023, Lamine Yamal melakukan debutnya untuk tim utama Barcelona melawan Real Betis di LaLiga. Hal ini menjadikannya pemain termuda yang pernah mewakili Barça dimana saat itu usia Lamine Yamal menginjak 15 tahun, 9 bulan dan 16 hari.

Setelah menunjukkan potensinya pada musim 2022/23, Lamine Yamal dipercaya menjadi pemain reguler di skuad tim utama Barcelona di bawah asuhan pelatih Xavi Hernandez. Lamine Yamal melanjutkan kariernya di tim utama untuk pramusim pada musim 2023/2024.

Lamine Yamal menonjol karena kemampuannya dalam membawa bola, menciptakan peluang dan fleksibilitasnya karena ia dapat bermain sebagai penyerang, gelandang serang atau di sayap kanan.

Melansir laman Official FC Barcelona, Lamine Yamal di musim 2023/2024 bersama Barca, menjadi pemain termuda yang mencetak gol dan assist di kompetisi seperti LaLiga, Liga Champions, dan Copa del Rey. Di usianya yang ke-16 tahun, Lamine Yamal tampil dalam 50 pertandingan di semua kompetisi untuk Barcelona, mencetak tujuh gol dan memberikan 10 assist.

Baca juga: Barca lanjutkan tren kemenangan dengan taklukkan Athletic Bilbao 2-1

Baca juga: Pemain Spanyol dominasi 11 terbaik Euro 2024

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024