Penyaluran gas bumi untuk sektor kelistrikan terus kami jaga, karena berhubungan dengan kemaslahatan masyarakat luas...,
Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk, Subholding Gas PT Pertamina (Persero), berkomitmen menyediakan pasokan gas bumi untuk memenuhi sektor kelistrikan di tanah air secara berkelanjutan.


Direktur Komersial PGN Ratih Esti Prihatini dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan, sektor kelistrikan merupakan segmen pelanggan yang cukup dominan dari total niaga gas bumi nasional PGN.

Dari sisi pendorong pertumbuhan demand, lanjutnya, sektor industri menjadi pengguna terbesar dilanjutkan sektor kelistrikan.

"Penyaluran gas bumi untuk sektor kelistrikan terus kami jaga, karena berhubungan dengan kemaslahatan masyarakat luas. Selain itu, pembangkit listrik yang menggunakan gas bumi memiliki nilai lebih, mengingat gas bumi merupakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar minyak atau batu bara," ujarnya.

Ratih menambahkan, jalinan kemitraan strategis antara PGN dan PLN terus berjalan, sebagai bentuk komitmen PGN memberikan keandalan pasokan gas agar PLN dapat secara maksimal memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

Selain itu, menurut dia, PGN mengelola dan mengoperasikan FSRU Lampung yang sangat esensial untuk memenuhi kebutuhan sektor kelistrikan dan industri menggunakan gas bumi hasil regasifikasi gas alam cair (LNG).

FSRU Lampung terintegrasi dengan pipa South Sumatera-West Java (SSWJ) sebagai bagian dari backbone kestabilan layanan dan enabler supply point LNG.

Ratih melanjutkan, inisiatif transisi energi menuju target net zero emission pada 2060 pun akan merambah untuk ke sektor kelistrikan sebagai salah satu kebutuhan terbesar.

Mengacu pada dokumen Bappenas perihal tahapan transisi energi menunjukkan pentingnya penggunaan gas bumi di era transisi energi utamanya pada 2025-2029.

Sejumlah inisiatif nasional akan dikembangkan seiring dengan perkembangan teknologi dan lanskap regulasi, salah satunya pada pembatasan PLTU batu bara, sehingga gas bumi dapat berperan untuk mengisi perubahan penyediaan energi ke depan.

Menurut Ratih, PGN akan terus melanjutkan pengembangan program gasifikasi di sejumlah sektor strategis, yang mengonversi energi berbasis gas bumi termasuk sektor kelistrikan nasional.

Pada Kamis (26/9/2024), PGN mendapat Penghargaan Tanda Kehormatan Listrik Indonesia untuk kategori Produsen/Pemasok Energi atas komitmennya dalam mendorong pemanfaatan gas di pembangkit listrik.

"PGN akan terus menjaga keandalan pasokan dan infrastruktur gas bumi agar dapat meningkatkan keyakinan pengguna gas bumi termasuk dari sektor kelistrikan yang memerlukan keberlanjutan bisnis maupun investasi. Pemanfaatan gas bumi yang meningkat di sektor kelistrikan juga akan memberikan multiplier effect bagi perekonomian nasional dan berkontribusi mengurangi emisi karbon," sebut Ratih.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024