Jakarta (ANTARA) - Samsung Electronics akhirnya secara resmi memperkenalkan lini tablet terbaru mereka yang telah dilengkapi kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) generatif yaitu Galaxy Tab S10 series.

Dalam seri ini terdapat dua tablet yaitu Galaxy Tab S10 Ultra dan Galaxy Tab S10+ yang keduanya masing-masing memiliki ukuran layar 14,6 inci dan 12,4 inci.

"Galaxy Tab S10 Series adalah tablet Samsung pertama yang langsung dilengkapi dengan fitur AI beserta peningkatannya, dan merupakan anggota terbaru dari keluarga Galaxy AI," ujar Head of Galaxy Ecosystems Business Team, Mobile eXperience Business, Samsung Electronics MC Lee dalam keterangannya, Jumat.

Baca juga: Huawei MatePad SE 11 dan MatePad SE 11 Kids Edition rilis di Indonesia

Galaxy Tab S10 Ultra dan Galaxy Tab S10+ memanfaatkan peningkatan besar dalam kekuatan pemrosesan AI untuk menghadirkan pengalaman yang cepat dan bebas lag.

Membahas keunggulannya, seri tablet ini ditenagai oleh chipset dari Dimensity yaitu MediaTek 9300+. Dengan satu pilihan konfigurasi memori yang ditawarkan untuk seri ini yaitu RAM 12 GB dan ROM 256 GB serta dukungan memori eksternal hingga 1,5 TB.

Untuk layarnya, kedua tablet ini telah menggunakan panel layar Dynamic AMOLED 2X yang telah anti-reflection dengan refresh rate 120 Hz.

Dalam hal dukungan mengakses AI yang cerdas, Galaxy Tab S10 series telah memungkinkan penggunanya dengan mudah terhubung dengan memanfaatkan tombol Galaxy AI Key pada Book Cover Keyboard.

Baca juga: POCO Pad hadir di Indonesia dilego Rp3,9 jutaan

Pengguna tanpa kesulitan dapat lebih cepat memiliki akses untuk mengetikkan prompt.

Beragam kemampuan AI lainnya yang disematkan dalam tablet ini di antaranya fitur Note Assist dan S Pen intuitif, PDF Overlay Translation, Handwriting Help, Sketch to Image untuk Galaxy Tab S10 Ultra, Circle to Search, hingga Air Command with AI di Galaxy S Pen. 

Sebagai tablet yang juga dapat berfungsi layaknya PC, Galaxy Tab S10 series memiliki pengeras suara berformasi quad speaker yang telah dilengkapi fitur Dialogue Boost sehingga suara pembicaraan saat menelfon atau konferensi video dapat diperkuat di atas kebisingan latar belakang, menghasilkan audio yang benar-benar jelas.

Baca juga: Infinix diam-diam rilis tabletnya Infinix Xpad

Untuk penggunaan di mana saja, Galaxy Tab S10 series juga menawarkan ketangguhan dengan sertifikasi IP68 dan diperkuat dengan Armor Alumunium yang ditingkatkan, membuatnya lebih tahan akan benturan dan goresan.

Dari sisi kamera, kedua tablet ini memiliki konfigurasi kamera yang sama di bagian belakang dengan kamera 13 MP dan kamera 8MP ultra-wide.

Sementara untuk kamera depannya sedikit berbeda, untuk Galaxy Tab S10 Ultra hadir dengan dua kamera 12 MP dan 12 MP ultra-wide, sedangkan untuk Galaxy Tab S10+ hadir dengan satu kamera depan saja dengan kamera 12 MP ultra-wide.

Baca juga: TECNO juga ramaikan pasar tablet bersiap rilis TECNO Pad

Perbedaan lainnya juga terdapat pada ukuran baterainya, untuk Galaxy Tab S10 Ultra dilengkapi dengan baterai 11.200 mAh sedangkan untuk varian Galaxy Tab S10+ dilengkapi dengan baterai 10.090 mAh. Keduanya didukung dengan kecepatan pengisian daya cepat 45W.

Baik Galaxy Tab S10 Ultra maupun Galaxy Tab S10+ hanya dirilis dalam satu pilihan warna yaitu Moonstone Grey dibanderol mulai dari Rp17.999.000 untuk Galaxy Tab S10+ dan untuk Galaxy Tab S10 Ultra dilego seharga Rp 20.999.000.

Harga tersebut sudah termasuk S-Pen dan bundling Book Cover Keyboard yang tersedia melalui pre-order hingga 3 Oktober 2024. Pemesanan pre-order ini dapat berlaku di Samsung.com, Blibli, Eraspace, dan beberapa gerai tertentu.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab A9, gawai ringan yang permudah belajar di mana saja
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024