Medan (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara melayani 9.857 atlet, ofisial dan tamu undangan lainnya selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh Sumut.

"Rata-rata mobilisasi per hari mencapai angka signifikan, dengan estimasi sekitar 1.500 hingga 1.800 orang yang diangkut untuk latihan dan pertandingan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus, di Medan, Jumat.

Agustinus mengatakan jumlah tersebut terhitung sejak dioperasikan-nya layanan transportasi PON wilayah Sumut yang dimulai pada 23 Agustus 2024 sampai dengan 23 September 2024.

Dia membeberkan bahwa pihaknya bertanggung jawab untuk melayani seluruh kontingen yang terdiri dari 34 cabang olahraga dengan 46 disiplin dan 528 nomor pertandingan.

"Proses mobilisasi ini tidak hanya mencakup pengantaran ke arena, tetapi juga memberikan layanan kepada atlet dan ofisial yang ingin menikmati kuliner di sepuluh kabupaten/kota di Sumut," kata dia.

Selama PON 2024, Agustinus mengatakan bahwa Dishub Sumut menyediakan 1.334 armada transportasi yang terdiri dari lima kategori sesuai dengan kebutuhan masing masing.

Dari total1.334, dia menjelaskan sebanyak 367 armada merupakan dukungan dari Kementerian Perhubungan RI guna memperlancar transportasi selama pesta olahraga tersebut berlangsung.

"Dengan kapasitas angkut kendaraan yang tersedia mencapai 1.334 unit. Kami bersama pemangku kebijakan terkait bekerja maksimal memenuhi kebutuhan mobilisasi atlet dan ofisial hingga hari terakhir pertandingan," sebut dia.

Selain itu, Dishub Sumut menyediakan layanan transportasi wisata gratis bagi para atlet, ofisial guna memberikan pengalaman wisata yang berkesan selama berada di wilayah ini.

“PON bukan hanya soal olahraga, tapi juga peluang untuk meningkatkan pariwisata Sumut. Kami menyediakan layanan transportasi wisata gratis ini agar para atlet, ofisial, dan kontingen bisa menikmati keindahan alam kami. Dengan begitu, pariwisata dan ekonomi lokal dapat berkembang," ujar dia.

Baca juga: Dishub Sumut sediakan layanan transportasi wisata gratis

Baca juga: Sumut sediakan 1.307 unit kendaraan bagi kontingen PON 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024