Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ducati Lenovo Enea Bastianini memuncaki sesi latihan (practice) dan memecahkan rekor waktu lap tercepat di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

Bastianini mencatatkan waktu tercepat 1 menit 29,630 detik, di depan dua pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin dan Franco Morbidelli.

Martin dan Morbidelli masing-masing hanya terpaut 0,40 dan 0,79 detik dari sang pemimpin.

Baca juga: Martin ingin jaga konsistensi pada MotoGP Indonesia di Mandalika

Sementara, rekan satu timnya, Francesco Bagnaia, berada di posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 29,712 detik. Melengkapi lima besar adalah Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46).

Lebih lanjut, posisi 10 besar diisi oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), Marc Marquez (Gresini Racing), Pedro Acosta (GASGAS Tech3), Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46), dan Maverick Vinales (Aprilia Racing).

Sebelumnya, pada sesi latihan bebas (FP) pertama, Morbidelli keluar sebagai yang tercepat. Tiga besar dalam sesi ini dilengkapi oleh Vinales dan Martin.

Baca juga: Vinales tatap MotoGP Indonesia di Mandalika dengan mentalitas positif

Pada sesi FP1 ini, Miguel Oliveira (Trackhouse Racing) terlibat kecelakaan besar di Tikungan 4, yang menyebabkannya dinyatakan tidak laik untuk balapan-balapan selanjutnya akhir pekan ini.

Oliveira, yang merupakan pemenang MotoGP Indonesia edisi 2022, segera dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, rangkaian MotoGP Indonesia akan berlanjut pada Sabtu (28/9), dimana bakal bergulir sesi latihan bebas kedua pukul 09.10 WIB. Kemudian diikuti oleh sesi kualifikasi dan Sprint yang masing-masing digelar pada pukul 09.50 WIB dan 14.00 WIB.

Balapan utama Grand Prix Indonesia sendiri bakal diadakan Minggu (28/9) pada pukul 14.00 WIB.

Baca juga: Bagnaia fokus MotoGP Mandalika, lupakan kegagalan di Emilia-Romagna
 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024