Tentunya kita semua berharap agar pekerjaan konstruksi ini dapat berjalan dan selesai tepat waktu, sehingga pada akhirnya dapat bermanfaat dan membantu untuk layanan kanker terpadu RSUD Pasar Minggu
Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Jakarta Selatan membangun gedung radioterapi untuk meningkatkan pelayanan pengobatan bagi pasien kanker.
 
"Kehadiran radioterapi ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada pasien kanker di RSUD Pasar Minggu," ucap Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Jakarta Selatan, Sayid Ali pada upacara peletakan batu pertama (ground breaking) yang menandai dimulainya tahap konstruksi gedung radioterapi, Jumat.

Baca juga: Dokter anjurkan pasien kanker tetap latihan fisik sesuai kemampuan
 
Dia berharap kehadiran fasilitas radioterapi di RSUD Pasar Minggu dapat membawa kontribusi yang lebih baik bagi  penderita kanker yang membutuhkan terapi radiasi.
 
"RSUD Pasar Minggu menurut warga merupakan yang paling bagus di wilayah Jakarta Selatan dari pelayannya  ramah-ramah," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Jaksel minta RSUD Pasar Minggu percepat layanan pasien
 
Sementara, Direktur RSUD Pasar Minggu, Endah Kartika Dewi, mengatakan dengan adanya pengembangan instalasi radioterapi diharapkan akan mampu melakukan layanan radioterapi dengan maksimal.
 
“Tentunya kita semua berharap agar pekerjaan konstruksi ini dapat berjalan dan selesai tepat waktu, sehingga pada akhirnya dapat bermanfaat dan membantu untuk layanan kanker terpadu RSUD Pasar Minggu,” ujar Endah.
 
Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati, Direktur RSUD Pasar Minggu Endah Kartika Dewi, Kasudin Kesehatan Jakarta Selatan Yudi Dimyati dan Camat Pasar Minggu Arief Wibowo.
 
Sebelumnya, Penjabat (Pj) DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu sebagai rujukan penanganan penyakit kanker di Indonesia.

Baca juga: Heru jadikan RSUD Pasar Minggu rujukan penanganan kanker di Jakarta
 
Pelayanan radioterapi dinilai sebagai salah satu penyembuhan penyakit kanker terbaru yang  ada di DKI Jakarta.

Di Indonesia, merujuk data global kanker (Globocan) 2018 diketahui kanker ini merupakan salah satu kanker tertinggi kedua pada pria dengan jumlah kasus baru mencapai 30.017 atau 8,6 persen.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024