Kita membuka pekerjaan masyarakat di sana yang untuk warga Lamongan juga
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VII DPR Dyah Roro Esti menyebutkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia beriringan dengan program Presiden terpilih Prabowo Subianto yakni sebagai penopang pertumbuhan ekonomi nasional.

"Ke depan, semoga SDM di Indonesia dapat menciptakan kesejahteraan dan mampu menjawab tantangan di lapangan dan menjadi insan yang produktif," ungkapnya saat kunjungan kerja ke daerah pemilihannya di Gresik dan Lamongan, Jawa Timur, sebagaimana disampaikan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dalam rangkaian pekan terakhir pertanggungjawabannya sebagai Anggota DPR periode 2019-2024 tersebut, Roro bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengadakan sosialisasi yang berkaitan dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di dua wilayah tersebut.

"Alhamdulillah, kami telah menyelenggarakan salah satu program prioritas untuk masyarakat pelaku UMKM hasil kerja sama antara Komisi VII DPR dengan BRIN," ujarnya.

Di Gresik, sosialisasi difokuskan pada manajemen UMKM yang diselenggarakan di LDII Gresik. Sementara di Lamongan, sosialisasi difokuskan pada digital marketing UMKM.

Roro juga menyatakan Indonesia bisa sukses kalau dalam mengelola bonus demokrasinya tepat dan SDM-nya produktif.

"Kalau tidak, tentu akan menjadi bencana demografi dan menjadi hal yang tidak kita inginkan dan kita lihat di kemudian hari," katanya.

Ia melanjutkan selama ini dirinya juga sudah melakukan program pelatihan-pelatihan untuk UMKM dan membuka lapangan pekerjaan seperti di Java Intregrated and Ports Estate (JIIPE), Gresik.

"Kita membuka pekerjaan masyarakat di sana yang untuk warga Lamongan juga. Kita juga telah menjawab tantangan pengangguran," sebutnya.

Sementara, terkait penerangan jalan umum (PJU), Roro sudah menyalurkan sekitar 1.500-an unit di Gresik dan Lamongan.

Lalu, program konverter kit untuk nelayan dan petani, ada sekitar 6.000-an unit yang sudah terdistribusi dan mendapatkan pemasangan listrik gratis hingga penyaluran alat masak berbasis listrik.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan permintaan energi.

"Saya bisa bilang pekerjaan ini adalah passion saya. Saya senang sekali menjalankan tugas ini sebagai wakil rakyat. Bisa bertemu langsung dan menyalurkan aspirasi hingga memperjuangkanya. Ini adalah minggu terakhir saya menjabat sebagai anggota DPR RI 2024. Saya mengucapkan terima kasih dan semoga perjuangan yang telah kita lakukan untuk tetap dilanjutkan. Mudah-mudahan ke depannya, saya tetap bisa menjadi seorang yang produktif dan berkontribusi dengan kapasitas yang berbeda, sebab Gresik dan Lamongan ini memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi," ucapnya

Kegiatan sosialisasi tersebut mendapat sambutan positif dari masyarakat, terutama para pelaku UMKM yang merasa terbantu dengan informasi dan pelatihan yang diberikan.

Pemerintah daerah setempat juga memberikan apresiasi atas inisiatif ini sebagai upaya nyata dalam memajukan ekonomi lokal.

Baca juga: Dyah Roro Esti dorong pembangunan berkelanjutan dalam sidang IAPF
Baca juga: Dyah Roro Esti: Pentingnya kualitas SDM tingkatkan "multiplier effect"

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024