Jakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan BCA UMKM Fest 2024 yang digelar PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatat jumlah transaksi menembus Rp17 miliar.

Dari pelaksanaan luring (offline) selama lima hari di Kota Kasablanka, Jakarta, BCA mencatat total nilai penjualan pada UMKM Fest 2024 sebesar Rp3,95 miliar atau naik 24 persen secara tahunan, dengan jumlah transaksi sebanyak 18.841, tumbuh 39 persen dibanding tahun lalu.

Sementara, perhelatan UMKM Fest daring (online) mencatat nilai transaksi sebesar Rp13,14 miliar, dengan jumlah transaksi mencapai lebih dari 68.000.

"Antusiasme pengunjung yang luar biasa di BCA UMKM Fest 2024, ditambah dengan berbagai promo dari BCA, mendorong jumlah transaksi yang melampaui ekspektasi. Capaian ini adalah bukti nyata kuatnya daya tarik produk lokal, dan besarnya potensi pelaku UMKM untuk bersaing di pasar. Kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan keragaman produk yang ditawarkan UMKM patut kita jaga dan menjadi pendorong untuk terus berkembang," kata EVP Corporate Communication dan Social Responsibility BCA Hera F Haryn dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Adapun BCA UMKM Fest 2024 ditutup pada Kamis (12/9/2024) setelah digelar secara offline pada 7-11 Agustus 2024 dan online pada 12 Agustus-12 September 2024.

Hera menjelaskan ada tiga kategori produk yang paling diminati pengunjung UMKM Fest 2024, yakni makanan dan minuman, kesehatan dan kecantikan, serta fesyen.

Dari event offline, QRIS menjadi pilihan utama metode pembayaran yang digunakan pengunjung, frekuensi penggunaannya mencapai 62 persen dari total transaksi.

Secara keseluruhan, BCA UMKM Fest 2024 diramaikan 1.753 tenant yang merupakan pelaku UMKM dan pengusaha produk lokal di bawah asuhan BCA Bangga Lokal.

Acara ini juga diselenggarakan di 49 Kantor Cabang Utama (KCU) BCA di berbagai daerah.

Dalam pelaksanaannya secara online, BCA menggandeng Grab Indonesia untuk mempromosikan produk kuliner, dan Blibli.com sebagai mitra penjual produk fesyen, kesehatan, kecantikan, dan lainnya.

Hera menilai kolaborasi tersebut bertujuan untuk semakin memperluas pasar pelaku UMKM, dan mendorong mereka agar lebih memanfaatkan teknologi serta meningkatkan visibilitas produk.

Lebih lanjut, BCA UMKM Fest merupakan satu dari sekian program perseroan dalam mendukung pengembangan UMKM.

Hingga Juni 2024, BCA telah menyalurkan kredit kepada sektor UMKM sebesar Rp121 triliun, dengan pertumbuhan mencapai 10,3 persen (yoy).

BCA percaya dengan dukungan yang tepat, UMKM dapat terus berkembang dan berdaya saing, sekaligus berpartisipasi aktif dalam membangun ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Kami berterima kasih atas respons positif yang diberikan oleh para pelaku UMKM dan pengunjung. BCA UMKM Fest 2024 menjadi bukti nyata dukungan BCA terhadap pengembangan UMKM, memberikan platform bagi para pelaku usaha untuk memperluas pasar," tutup Hera.

Baca juga: Bank BCA raih penghargaan sebagai bank kredit UMKM berkinerja terbaik
Baca juga: BCA tiket.com Travel Fair 2024 berikan promosi perjalanan menarik
Baca juga: BCA Expo kembali hadir tahun ini bertepatan dengan momen HUT Ke-79 RI


Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024