Kami bersyukur pada tahun ini 11 bandara InJourney Airports berhasil meraih total 34 penghargaan ASQ Awards. Penghargaan ini menjadi wujud nyata InJourney Airports dalam memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik bagi penumpang pesawat,
Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) menerima 34 penghargaan prestisius dunia Airport Service Quality (ASQ Awards) dari organisasi kebandarudaraan dunia yang menaungi 2.110 bandara di 169 negara yakni Airport Council International (ACI).


Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi melalui keterangan resmi diterima di Tangerang, Jumat mengatakan bahwa jumlah penghargaan yang diterima pada tahun ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah. Pada tahun sebelumnya jumlah yang diterima hanya 19 penghargaan.

"Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh ACI kepada InJourney Airports, dalam ajang ACI World’s Customer Experience Summit and Exhibition yang digelar di Atlanta, Amerika Serikat, pada 26 September 2024 waktu Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, penghargaan bakal semakin memacu bandara-bandara InJourney Airports untuk selalu meningkatkan standar pelayanan dan pengalaman kepada penumpang pesawat dan pengunjung bandara.

"Kami bersyukur pada tahun ini 11 bandara InJourney Airports berhasil meraih total 34 penghargaan ASQ Awards. Penghargaan ini menjadi wujud nyata InJourney Airports dalam memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik bagi penumpang pesawat," ujarnya.

"Didukung kolaborasi erat di ekosistem aviasi (Process), dengan kapasitas global yang dimiliki SDM (People) dan beragam inovasi teknologi serta digitalisasi (Enabler)," tambah Fahmi.

Sementara itu, Direktur Strategi dan Pengembangan Teknologi InJourney Airports Ferry Kusnowo menambahkan saat ini telah diperkenalkan berbagai fasilitas layanan berbasis digital di bandara InJourney Airports.

"Implementasi teknologi dan digitalisasi untuk pelayanan bagi penumpang pesawat telah diterapkan secara berkelanjutan di bandara-bandara InJourney Airports. Kami tengah mempersiapkan fasilitas berbasis teknologi lainnya untuk menghadirkan seamless journey experience di setiap titik layanan di bandara bagi penumpang pesawat," kata dia.

ASQ Awards dari ACI ini mengakui keunggulan bandara-bandara di dunia dalam menghadirkan customer experience terbaik kepada pengguna jasa bandara, berdasarkan survei yang dilakukan pada titik keberangkatan dan kedatangan di bandara.

Adapun penghargaan-penghargaan itu diberikan sejalan dengan pelayanan terbaik 11 bandara yang dikelola InJourney Airports, yakni enam penghargaan bagi Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, lalu lima penghargaan bagi Bandara Internasional Yogyakarta.

Kemudian masing-masing empat penghargaan bagi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, dan Bandara Supadio Pontianak.

Sementara, bandara yang meraih dua penghargaan adalah Bandara Depati Amir Pangkalpinang dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Kemudian, bandara yang meraih satu penghargaan yakni Bandara Juanda Surabaya, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, dan Bandara Pattimura Ambon.

Sejumlah fasilitas berbasis teknologi yang sudah ada di bandara InJourney Airports antara lain self bag drop yang memungkinkan pesawat dapat secara cepat mendaftarkan bagasinya melalui mesin self check in baggage, lalu kemudian dapat langsung menuju konter khusus guna memproses bagasi terdaftar tersebut untuk dimasukkan ke dalam pesawat.

Saat ini self bag drop dapat digunakan di Bandara Soekarno-Hatta dan menyusul di bandara-bandara lainnya.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024