Progres pembangunan Bandara Nusantara akan terus berlanjut, dengan komitmen yang tinggi kami yakin akan menyelesaikan proyek ini dengan kualitas terbaik, tepat waktu, zero accident, dan sesuai dengan standard yang telah ditentukan
Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk (PTPP), BUMN investasi dan konstruksi, optimistis dapat menyelesaikan pembangunan proyek Bandara IKN yang ditargetkan pada akhir 2024 dan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

“Progres pembangunan Bandara Nusantara akan terus berlanjut, dengan komitmen yang tinggi kami yakin akan menyelesaikan proyek ini dengan kualitas terbaik, tepat waktu, zero accident, dan sesuai dengan standard yang telah ditentukan,” kata Direktur Operasi Bidang Infrastruktur PTPP Yul Ari Pramuraharjo dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya pada Selasa (24/9/2024) Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) telah berhasil dalam memfasilitasi pendaratan perdana Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85 di Bandara Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur.

Yul mengatakan pendaratan perdana pesawat Presiden RI di Bandara Nusantara berhasil dan berjalan dengan sempurna, tentunya perseroan sebagai kontraktor utama sangat bangga telah dipercaya menjadi bagian besar dalam momen bersejarah ini.

Sampai dengan saat ini progres pembangunan proyek Bandara IKN memiliki panjang landas pacu (Runway) 2200 x 45 m, yang dapat menampung 3 pesawat narrow body atau 1 pesawat narrow body dan 3 helikopter.

Proyek ini akan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2024 yang nantinya dapat menampung 7 pesawat narrow body (Pesawat Boeing 737 atau Airbus A320) dan 3 pesawat wide body dengan panjang Runway bandara yaitu 3000 x 60 m.

Pada pendaratan perdana ini Presiden Joko Widodo mengucapkan rasa syukur atas kesuksesan dari pendaratan pertama pesawat kepresidenan di Bandara Nusantara,.

“Alhamdulillah ini landing yang pertama, yang semuanya berjalan dengan baik, semuanya berjalan dengan lancar. Dan ini adalah pertama kali saya turun di Bandara Nusantara (Nusantara Airport),” ujar Presiden.

Selanjutnya Presiden melakukan peninjauan proyek Bandara IKN dan menelusuri runway, pada peninjauan tersebut Presiden RI mengucapkan apresiasi pendaratan yang berjalan dengan lancar, “Mulus, ya sangat bagus, (bandara) tidak terlalu besar, tapi lebih dari cukup,” ucap Jokowi di Bandara IKN.

Baca juga: Menteri Sandiaga nilai Bandara IKN layak digunakan
Baca juga: PTPP bidik sejumlah proyek pembangunan fasilitas kesehatan
Baca juga: PP Properti raih predikat brand terpopuler tahun 2024
Baca juga: PPRO siapkan Grand Kamala Lagoon berbagai fasilitas masyarakat

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024