Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk serius mengelola data statistik yang berkualitas dan bukti keseriusan ini diwujudkan salah satunya dengan raihan penghargaan Anindhita Wistara Data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

"Kami berharap prestasi ini bukan akhir melainkan langkah awal dan pemacu semangat untuk memajukan negeri melalui pengelolaan data yang berkualitas,” kata Asisten Pemerintahan Sekretariat Setda (Setda) Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Jakarta, Jumat.

Anugerah Anindhita Wistara Data adalah penghargaan yang diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Nasional kepada instansi atau pihak yang dianggap berkontribusi dalam peningkatan kualitas statistik di Indonesia dan diadakan setiap tahun dalam rangka peringatan Hari Statistik Nasional (HSN).

Adapun kegiatan statistik sektoral Pemprov DKI Jakarta yang dinilai yaitu Pendataan Keluarga Satu Pintu oleh Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Provinsi DKI Jakarta dan Survei Penggunaan Jakwifi oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: BPS DKI sebut pemilihan budi daya jadi tantangan pertanian perkotaan

Penghargaan yang tahun ini berlangsung di Jakarta, Kamis (26/9) tersebut diadakan untuk mendorong transparansi, akurasi dan aksesibilitas data statistik serta menghargai upaya pengembangan sistem statistik yang baik.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meraih peringkat pertama, diikuti Pemprov Bali dan Pemprov Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta di posisi kedua dan ketiga.

Penghargaan ini mengakui kinerja luar biasa pemerintah provinsi dalam menghasilkan data statistik berkualitas tinggi atau Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

Selain pemerintah provinsi, BPS juga menganugerahkan penghargaan bergengsi tersebut kepada Kementerian, Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK), perusahaan, individu dan juga mitra-mitra BPS lainnya, termasuk universitas.

Baca juga: DKI dan BPS berkolaborasi petakan potensi Rukun Warga

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti menuturkan, penghargaan yang diberikan kepada mitra-mitra BPS ini merupakan bentuk apresiasi terhadap berbagai pihak yang telah berkolaborasi bersama dalam penyelenggaraan dan pemanfaatan statistik.

“Statistik yang andal dan akurat akan menjadi pondasi dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan Indonesia di masa mendatang,” ujar dia.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Erwan Agus Purwanto menjelaskan peran penting data yang akurat dan tepat waktu dalam memantau dan mengevaluasi kebijakan publik.

"Jika kita lihat negara maju, mereka memanfaatkan statistik untuk mendorong pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Erwan.
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024