Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 338 siswa SMA/SMK belajar jualan di Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) di Smesco Convention Hall, Jakarta Selatan, untuk mengasah kemampuan berwirausaha.
 
"Kegiatan FIKSI ini salah satu dari ajang yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional untuk mengembangkan talenta dalam bidang wirausaha," kata Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Maria Veronica Irene Herdjiono di Jakarta, Jumat.
 
Maria mengatakan, para finalis dapat menunjukkan kemampuannya dalam membangun usaha berkelanjutan dan menguntungkan secara finansial.
 
Kemudian juga menanamkan mereka untuk memiliki kemampuan menghadapi tantangan maupun memanfaatkan peluang di masa depan.

Baca juga: SMESCO minta agar platform lokapasar berpihak pada SDM lokal
 
Melalui kegiatan ini, peserta didik diajak mengasah keterampilan kewirausahaan yang kreatif dan inovatif sejak dini.
 
Nantinya mereka ditantang merumuskan ide-ide bisnis yang relevan dan dapat diimplementasikan memanfaatkan kearifan lokal sebagai kontribusi bagi pengembangan ekonomi.
 
"Bidang kewirausahaan ini pasti kita membutuhkan mitra yang banyak dan bisa mendukung pengembangan anak-anak," ujarnya.
 
Diharapkan banyak pengunjung yang bisa melihat hasil anak-anak dan tertarik untuk membeli usaha mereka.

Baca juga: Smesco upayakan produk kuliner UMKM Indonesia masuk pasar Inggris
 
Direktur Utama Smesco Indonesia Wientor Rah Mada meyakini, kegiatan FIKSI menjadi salah satu cara untuk mencetak wirausaha, dengan produk-produk yang inovatif. Sehingga para finalis mampu naik kelas.
 
"Kemarin saya juga menjadi juri, tadi saya sampaikan ke Bu Irene produknya sangat luar biasa. Dan tinggal perlu bantuan sedikit untuk bisa naik 'off to market' gitu paling tidak," kata Wientor.
 
Selama ini, Smesco telah banyak membantu mengembangkan UMKM dari seluruh wilayah Indonesia. Harapannya tahun 2024 bisa mencapai rasio wirausaha sejumlah empat persen.
 
"Saya pikir, FIKSI ini adalah salah satu ajang yang sangat baik dan kita bisa mencapai rasio kewirausahaan," katanya.
 
Mengusung tema "Merdeka Berprestasi Talenta Vokasi Menginspirasi", FIKSI 2024 mengajak generasi muda untuk berani menjadi pemimpin masa depan yang tangguh, inovatif dan kreatif.
Kegiatan tersebut digelar mulai 24 sampai 29 September 2024.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024