Jakarta (ANTARA) - Carlos Sainz Jr, namanya saat ini menjadi salah satu pembalap unggulan tim Ferrari di ajang balap mobil bergengsi Formula 1 dengan sejumlah prestasi gemilangnya di lintasan.

Pria kelahiran Madrid, Spanyol pada 1 September 1994 itu, belakangan ini berhasil menjadi pemenang balapan pada seri F1 GP Australia di sirkuit Melbourne Grand Prix, pada Maret lalu. Sainz berhasil menempati posisi pertama, menorehkan waktu 1:20:26.843 untuk menyelesaikan 58 lap.

Sainz Jr mengikuti jejak ayahnya di dunia olahraga balap mobil, yakni Carlos Sainz yang merupakan mantan juara dunia Reli WRC. Namun, Sainz Jr memilih trek balap dengan memulai kariernya di gokart atau karting pada usia 11 tahun.

Pada 2010, Sainz Jr memulai debutnya di ajang balap mobil single seater di Formula BMW dan berhasil meraih kemenangan pertamanya di Silverstone bersama tim Euro International, dikutip laman Ferrari.
 
Carlos Sainz Jr (ANTARA/AFP/CLIVE ROSE)


Pada 2012, Sainz Jr mulai naik ke Formula 3 Eropa bersama tim Carlin, dan meraih kemenangan di Spa-Francorchamps. Tahun berikutnya ia membalap di Formula Renault 3.5 dan memenangkan gelar juara 2014 bersama tim DAMS.

Penampilannya yang gemilang ini membuka pintu menuju Formula 1, Sainz Jr bergabung dengan Scuderia Toro Rosso. Balapan pertamanya untuk Scuderia Toro Rosso di Grand Prix Australia dan mencetak 2 poin. Sainz dengan cepat menunjukkan semangat juangnya sebagai pembalap yang ulet, ia mendapat julukan Chilli, dilansir laman Formula1.

Pada 2019, Sainz Jr direkrut oleh tim McLaren. Bersama dengan tim McLaren, Sainz berhasil meraih podium pertamanya pada saat finis diurutan ketiga di Grand Prix Brasil 2019.

Sainz Jr direkrut oleh tim Scuderia Ferrari pada 2020, menggantikan kursi yang sebelumnya dimiliki oleh Sebastian Vettel mulai dari musim 2021. Sainz Jr menjadi orang Spanyol ketiga yang membalap untuk Ferrari di Formula 1, setelah Fernando Alonso dan Alfonso de Portago.

Sejak bergabung dengan tim Ferrari, Sainz Jr banyak meraih podium diantaranya finis di posisi ke-2 di Grand Prix Monako 2021, posisi ke-3 di Grand Prix Hungaria 2021, posisi ke-2 di Grand Prix Rusia 2021. Pada 2023, Sainz Jr berhasil menjadi juara pertama usai balapan F1 GP Singapura 2023 di Marina Bay Street Circuit.

Baca juga: Carlos Sainz sebut insiden tabrakannya dengan Perez begitu memalukan

Baca juga: Charles Lecrerc terkejut dengan hasil podium ketiga di Belanda

Baca juga: Sainz resmi bergabung dengan Williams untuk musim 2025

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024