Kerja sama dilakukan melalui penandatangan kerjasama pembiayaan haji khusus bagi travel anggota travel HIMPUH
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyampaikan kesiapannya untuk menjadi mitra strategis 400 travel umrah dan haji.

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, berbagai pengembangan bisnis terus dilakukan salah satunya dengan menggandeng asosiasi Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH).

"Kerja sama dilakukan melalui penandatangan kerjasama pembiayaan haji khusus bagi travel anggota travel HIMPUH," kata Anton dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Selain itu, BSI menyatakan kesiapannya dalam hal pembiayaan, layanan perbankan selama di Arab Saudi maupun setelah kembali ke tanah air.

Kerja sama itu didasari adanya kebijakan Pemerintah Arab Saudi pada musim haji 1445H/2024 bahwa tidak ada penetapan lokasi khusus maktab bagi jamaah haji dan umrah dilokasi Arafah dan Mina dari seluruh dunia.

Sebagai informasi kebijakan sebelumnya lokasi maktab di Arafah dan Mina sudah ditentukan berdasarkan zona wilayah negara, seperti Wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan, Afrika, Amerika dan Eropa.

"Hal ini menjadi tantangan para agen travel haji khusus untuk secepatnya memperoleh kontrak lokasi maktab di Arafah dan Mina," jelas Anton.

Selain itu juga, Anton menambahkan, yang menjadi tantangan yakni informasi keberangkatan bagi para jamaah baru disampaikan dalam tenggang waktu yang dekat dengan pelaksanaan haji khusus.

Hal itu tidak dipungkiri menjadi tantangan baru bagi para travel agen untuk segera membayar kebutuhan persiapan jamaah haji khusus kepada Pemerintah Arab Saudi.

Alasan tersebut juga menjadi dasar BSI untuk siap menjadi mitra strategis anggota travel HIMPUH untuk memaksimalkan layanan kepada calon jamaah haji melalui pembiayaan kepada travel yang pasti membutuhkan ketersediaan dana yang besar untuk pembayaran maktab di awal penyelenggaraan haji.

Berdasarkan data internal bahwa potensi haji khusus yang dikelola PIHK (ONH plus) di Indonesia tahun 2024 mencapai lebih 297 juta dolar AS.

Di mana jamaah haji Indonesia cukup mendominasi ibadah haji setiap tahunnya dari seluruh dunia.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, hal ini salah satu komitmen BSI untuk menjadi sahabat spiritual bagi para calon jamaah.

Baca juga: BPKH: Nilai Manfaat jamaah haji tunggu naik jadi Rp4,4 triliun di 2025
Baca juga: Travel Fair 2024 digelar di 4 kota, dorong wisatawan jelajahi lima DSP


Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024